Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Seni Budaya Lokal dalam Pembelajaran di Sekolah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8159.jpg

    CIMAHI-Generasi muda sekarang ini cenderung lebih menyukai seni budaya luar dibanding budaya lokal. Contohnya, anak muda sekarang lebih mengetahui beladiri karate daripada pencak silat. Anak muda sekarang cenderung menggandrungi seni musik dari luar, misalnya K-Pop daripada seni karawitan atau degung.

    Kecenderungan generasi muda sekarang terhadap seni budaya luar daripada seni budaya lokal diungkapkan oleh Walikota Cimahi, Hj. Atty Suharti pada acara Dialog Pendidikan yang digelar Dewan Pendidikan Kota Cimahi dengan thema, “Muatan Budaya dan Kearifan Lokal dalam Proses Pembelajaran”, Selasa (28/1) di Gedung Local Education Centre (LEC), Jalan Permana, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

    Untuk mengantisipasi agar kecenderungan terhadap budaya asing tidak semakin menyisihkan kecenderungan terhadap budaya atau kearifan lokal, menurut Walikota, dibutuhkan pengenalan muatan budaya dan kearifan lokal kepada generasi muda kita.

    Walikota berharap dengan semakin dikenalkannya budaya atau kearifan lokal kepada generasi muda atau anak-anak sekolah kita, diharapkan nantinya mampu membuat para siswa mencintai daerahnya.

    “Saya mengharapkan para pendidik di Kota Cimahi dapat mengimplementasikan seni budaya dan kearifan lokal dalam pembelajaran di sekolah,” katanya.

    Kecintaan para generasi muda pada daerahnya, lanjut Atty,  akan mewujudkan ketahanan daerah, sehingga memiliki kemampuan untuk menata diri sesuai dengan konsep yang diyakini kebenarannya dengan jiwa yang tangguh, semangat yang tinggi dan dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan bijaksana.

    Dialog dengan thema “Muatan Budaya dan Kearifan Lokal dalam Proses Pembelajaran tersebut diikuti oleh para kepala sekolah dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi. Hadir dalam dialog tersebut, Ketua Dewan Pendidikan Kota Cimahi dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Cimahi, Eddy Junaedi. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus