Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penyortiran Surat Suara libatkan Warga

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8287.jpg

    CIMAHI-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi, Handi Dananjaya, SH menyatakan, pihaknya akan segera melakukan penyotiran dan pelipatan surat suara yang sudah diterima oleh KPU Kota Cimahi.

    Setelah disortir, surat suara untuk Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD (Pemilu Legislatif/Pileg) Tahun 2014 itu, akan dilipat sesuai tata cara yang ditentukan oleh KPU Pusat.

    “Surat suara yang sudah kami terima harus disortir agar surat suara untuk Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014 yang akan digunakan pada tanggal 9 April 2014 itu, dalam kondisi tidak ada yang cacat atau rusak,” kata Ketua KPU Kota Cimahi, Handi Dananjaya, SH, di sela-sela penerimaan surat suara untuk Pemilu Legislatif 2014 di Kantor KPU Kota Cimahi, Jalan Kamarung Nomor 64, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi kepada wartawan, Senin (17/2).

    Menurut Handi, penyortiran dan pelipatan surat suara yang sudah diterima oleh KPU Kota Cimahi, akan melibatkan masyarakat setempat, masyarakat yang tinggal di sekitar kantor KPU Kota Cimahi. Dalam melakukan penjaringan masyarakat yang akan menyortir dan melipat suara Pemilu itu, KPU Kota Cimahi akan berkoordinasi dengan pengurus RW dan RT di sekitar kantor KPU Kota Cimahi.

    Setelah selesai dilakukan penyortiran dan pelipatan, surat suara tersebut kemudian akan dikemas ke dalam amplop khusus berlogo KPU. Selanjutnya akan dimasukkan ke dalam kotak suara bersama logistik lainnya untuk kemudian didistribusikan kepada setiap TPS.

    Handi mengungkapkan, hingga Senin (17/2), KPU Kota Cimahi baru menerima surat suara untuk Pemilu Anggota DPRD Kota Cimahi sebanyak 389.543 surat suara. Surat suara tersebut sudah termasuk cadangan sebanyak 2 persen dari total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan cadangan untuk Pemilu Ulang yang masing-masing Daerah Pemilihan sebanyak 1.000 surat suara. KPU Kota Cimahi masih menunggu kiriman surat suara untuk Pemilihan Umum Anggota DPRD Jawa Barat dan DPR RI Daerah Pemilihan I Kota Bandung-Cimahi dan surat suara untuk Pemilihan Umum Anggota DPD RI Daerah Pemilihan Jawa Barat. Masing-masing surat suara tersebut, jumlahnya sama yaitu sebanyak 389.543 surat suara.

    Yustinus S, salah seorang pengurus RW yang rumahnya tak jauh dari Kantor KPU Kota Cimahi menyatakan siap untuk memobilisasi warganya agar berpartisipasi melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu Tahun 2014.

    “Menurut saya pekerjaan menyortir dan melipat surat suara untuk Pemilu merupakan pekerjaan mulia, karena turut serta dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu tersebut,” katanya kepada jabarprov.go.id, Senin (17/2) sore. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus