Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BAPAPSI Raih TBM Award 2014

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8356.jpg

    BANDUNGKAB-Karena dinilai mampu berperan penting secara berkelanjutan terhadap perkembangan dan kemajuan budaya baca di Kabupaten Bandung, Badan Perpustakaan Arsip dan Pengembangan Sistem Informasi (BAPAPSI) Kabupaten Bandung memperoleh Penghargaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Award 2014 dari Pengurus Pusat Forum TBM.
     
    Penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud, Dr. Wartanto  kepada Kepala BAPAPSI Kabupaten Bandung, H.Diar Irwana, SH  di Lokasi Jambore TBM di Rumah Dunia, Kota Serang, Provinsi Banten, Kamis (20/02)lalu.
     
    Kepala Departemen Penelitian dan Pengembangan Pengurus Pusat Forum TBM, Agus M. Irkham mengatakan dalam dua tahun terakhir ini, banyak kiprah yang telah dilakukan BAPAPSI dalam meningkatkan minat baca masyarakat.
     
    Sebagai lembaga yang menaungi perpustakaan-perpustakaan di Kabupaten Bandung, BAPAPSI dianggap mampu memerankan diri sebagai media untuk belajar bersama. “BAPAPSI bisa menjadi rumah bagi semua pihak yang berkepentingan dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat, mulai dari TBM, perpustakaan sekolah, perpustakaan desa, dan komunitas literasi”, terang Agus Irkham dalam rilisnya, Selasa (25/02).
     
    Ditambahkan Agus, dalam setiap kegiatannya BAPAPSI senantiasa melibatkan masyarakat.  Diantaranya adalah menggandeng TBM untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan road show dalam menumbuhkan minat baca, kemudian secara kontinue sebulan sekali menggelar acara dongeng, menyelenggarakan pelatihan mendongeng untuk para orang tua dan guru-guru PAUD, “Serta pelatihan menggambar yang diberikan secara cuma-cuma, semua kegiatan ini dilakukan dalam upaya mendesentralisasikan layanan”, kata Agus Irkham.
     
    Bahkan mulai Februari 2014, lanjut Agus, lembaga ini akan melibatkan para pengelola TBM untuk mengoperasikan layanan mobil perpustakaan keliling di seluruh kecamatan yang ada. “Pengelola TBM ini mendapatkan insentif dan diberi keleluasaan untuk menentukan lokasi dan jam kunjungan. Mobil perpustakaan keliling ini juga akan datang ke TBM yang tengah menggelar acara, tidak terbatas di hari kerja saja, bahkan di hari libur sekalipun”, tuturnya pula.
     
    Jadikan PKK Sebagai Pelaku Utama Kampanye Minat Baca Anak
     
    Secara terpisah, Kabid Perpustakaan BAPAPSI Kab.Bandung, Irma Novita, SH, SP1 mengungkapkan saat ini pihaknya tengah membidik para kader PKK (Pemberdayaaan Kesejahteraan Keluarga) menjadi pelaku utama kampanye peningkatan minat baca masyarakat.
     
    Upaya yang akan dilakukan adalah memfasilitasi desa-desa dan posyandu di Kabupaten Bandung agar menjadi kelompok pembelajar atau pembaca buku juga sehingga tiap posyandu menjadi sudut baca.  “Kita berharap, ibu-ibu PKK ini bisa menjadi inspirator dan teladan bagi anak-anaknya sehingga menumbuhkan rasa cinta mereka terhadap aktivitas membaca”, ujar Irma Novita.

    Irma mengatakan, dari banyak kajian riset yang dilakukan, peran ibu sangat penting  untuk mengenalkan pengalaman pra membaca kepada anak-anak. Dalam bingkai ilmu rekayasa sosial, Posyandu dan PKK adalah infrastruktur sekaligus modal sosial yang memungkinkan berlangsungnya perubahan lingkungan kehidupan masyarakat. “Media dan salurannya sudah ada, tinggal bagaimana mengemas isinya agar lebih fokus, diperhatikan dan berkaitan dengan kebutuhan zaman”, ucapnya pula.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus