Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    10 Anggota Patih Cimahi Kampanye Peduli Sampah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8358.jpg

    CIMAHI-Pemerintah Kota Cimahi telah merekrut 10 remaja untuk mengkampanyekan peduli sampah. Mereka terdiri dari 5 remaja putra dan 5 remaja putri. Tugas sehari-harinya melakukan patroli, menelusuri empat kawasan bebas sampah dengan mengendarai sepeda.

    Menurut Walikota Cimahi, Hj. Atty Suharti ke-sepuluh remaja adalah anggota Patih, anggota Patroli Kebersihan Bersepeda. Mereka direkrut karena dinilai berprestasi.

    “Tugas mereka sehari-harinya mengendarai sepeda, berkeliling di Kawasan Bebas Sampah untuk mengkampanyekan peduli sampah,” kata Walikota kepada wartawan.

    Pemerintah Kota Cimahi, jelas Walikota, telah menetapkan Empat Kawasan Bebas Sampah, yaitu Kawasan Jalan Jenderal Gatot Soebroto, Jalan Gedong Opat, Jalan Gandawijaya dan Kawasan Alun-Alun Kota Cimahi. Empat kawasan tersebut setiap harinya akan dipantau oleh anggota Patih.

    Sebelum para anggota Patih itu diterjunkan untuk mengajak warga peduli sampah, terlebih dahulu dididik dan dilatih  oleh Pemerintah Kota Cimahi seputar pengelolaan sampah. Antara lain tentang bagaimana tata cara pemilahan dan pengelolaan sampah melalui program 3 R yaitu reduce, reuse dan recyle.

    Para Patih juga, menurut Walikota, diberi pengetahuan tentang Peraturan Daerah Kota Cimahi Nomor 16 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah. Dalam Perda tersebut antara lain ditegaskan, warga yang membuang sampah sembarangan dikenai denda Rp 50 juta atau kurungan selama 3 bulan penjara.
    Dalam penegakkan Perda tersebut, para Patih  melakukan koordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi untuk menggelar operasi mendadak tindak pidana ringan.

    Berdasarkan pantauan jabarprov.go.id, Selasa (25/2), Pemerintah Kota Cimahi juga menerjunkan sejumlah petugas kebersihan di Empat Kawasan Bebas Sampah. Mereka tak henti-hentinya menyapu kawasan tersebut seperti tak kenal lelah.

    “Sampah di sini hanya berupa daun-daun yang jatuh dari pohon saja. Kalau sampah lainnya nyaris tidak ada. Alhamdulillah di kawasan ini sudah ridak ada lagi yang membuang sampah sembarangan,” kata Sumarni, salah seorang petugas kebersihan kepada jabarprov.go.id Selasa (25/2). (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus