Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sosialisasi Pajak di Kab. Karawang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8380.jpg

    KARAWANG-Keberlangsungan dan keberhasilan berbagai program pembangunan serta pelayanan publik, salah satunya ditentukan oleh penerimaan sektor Pajak sebagai salah satu sumber pembiayaannya. Untuk itu, pajak memegang peranan sangat penting dalam struktur penerimaan negara maupun daerah.

    Kaitan hal tersebut, Dinas Pendapatan,Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Karawang gelar acara Sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) bertempat di Aula Husni Hamid Komplek Pemda Karawang Kamis (27/2). Acara tersebut dibuka langsung oleh Asisten Pemerintahan H.E.Soemantri.SH. turut hadir Bupati Karawang H.Ade Swara, Kabag Pertanahan Setda Karawang, Camat se-Kabupaten Karawang, Koordinator PBB se-Kabupaten Karawang, perwakilan dari BPN karawang,  perwakilan dari Bank BRI, serta Bank Jabar.

    Dalam sambutannya Asisten Pemerintahan mengemukakan,  sejalan dengan salah satu amanat yang terkandung dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang “Pajak Daerah dan Retribusi Daerah” khususnya yang menyangkut pelimpahan pengelolaan Pajak Bumi dan bangunan sektor Perdesaan dan Perkotaan serta BPHTB dari semula Pajak Pusat menjadi Pajak Daerah, maka tentunya suatu hal positif bagi seluruh Pemerintah daerah Kabupaten/Kota tidak terkecuali bagi Pemerintah Kabupaten Karawang terutama sebagai sumber pendapatan asli daerah” ungkapnya.

    Oleh karena itu, PBB sektor Perdesaan dan Perkotaan memegang peranan sangat penting dalam struktur penerimaan Negara maupun Daerah. demikian halnya dengan program pembangunan yang telah ditetapkan dalam APBD Kabupaten Karawang ini” tegasnya.

    Namun demikian Soemantri menginformasikan, “Dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan pembayaran PBB di Kabupaten Karawang sendiri, pada Tahun 2014 akan diluncurkan sistem informasi PBB on line yang akan ditempatkan di tiap-tiap Kecamatan se-Kabupaten Karawang. untuk itu, saya berpesan kepada jajaran DPPKAD, agar Saudara-Saudara dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik” paparnya.

    Selanjutnya, terkait dengan target dan realisasi PBB Kabupaten Karawang pada Tahun 2013 yaitu target PBB sebesar Rp. 94.000.000.000,- dan realisasinya (s/d 31 Desember 2013) sebesar Rp. 117.119.865.891,- (124,59 persen), mudah-mudahan di Tahun 2014 realisasi PBB akan terus meningkat” imbuhnya.

    Sementara itu setelah memyerahkan Buku manual dan Soft ware PBB On Line secara simbolis kepada Perwakilan Camat,  dalam arahannya Bupati Karawang menyampaikan, meningat banyaknya permasalahan yang mungkin sudah bertahun tahun belum mendapat solusi, mudah mudahan dalam sosialisasi ini nantinya dapat merumuskan dan menemukan solusi yang tepat terhadap permasalahan yang ada” ungkapnya.

    Menurut Bupati, sangatlah wajar jika Kita dihadapkan pada permasalahan permasalahan yang ada sekarang ini, karena pelimpahan dari Pusat mengenai PBB kepada Pemerintah Daerah baru berjalan selama 2 (dua) Tahun, artinya Pemerintah Daerah masih dalam masa Transisi, hal ini tidak terjadi di Kabupaten Karawang saja, melainkan hampir diseluruh Daerah di Negara ini.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus