Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kritisi DPRD Jabar Terhadap LKPJ Gubernur Jabar tahun 2013

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8472.jpg

    BANDUNG. DPRD Jabar, dalam sidang paripurna yang berlangsung Kamis sore (13/3) memberikan kritisi terhadap LKPJ Gubernur Jabar tahun 2013. Kritisi tersebut,merupakan rekomendasi atas pembahasan LKPJ Gubernur Jabar tahun 2013. Hal-hal yang menjadi kritisi, diungkapkan dalam laporan pansus.

    Pansus dalam  laporannya yang dibacakan anggota pansus Yoga Santosa, dewan menyampaikan pembahasannya di sejumlah bidang. Pada bidang pemerintahan, pansus menilai kebijakan, program, dan kegiatan yang menjadi tugas dan kewenangan Pemprov Jabar belum tersosialisasikan secara merata.    Selain itu, pansus  menilai pemprov belum optimal dalam pengelolaan barang daerah, terutama menyangkut aset tanah dan bangunan.

    Di bidang kesejahteraan rakyat, pansus menilai pelayanan kesehatan belum merata, di antaranya menyangkut pengembangan puskesmas, pelayanan kesehatan di RSUD, dan PONED. Pansus juga berpendapat RSUD rujukan regional di beberapa daerah masih belum banyak tersedia, termasuk kaitannya dengan pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional.

    Pansus berikutnya  menilai Jabar belum berhasil mencapai program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun, karena rata-rata lama sekolah warga Jabar baru mencapai 8,2 tahun. Namun, di samping itu pansus pun mengapresiasi sejumlah keberhasilan yang diraih pemprov.

    Pansus di sisi lain, mengapresiasi tercapainya indeks kemantapan jalan tahun 2013 yang mencapai 97,56 persen. Yoga pun menyampaikan apresiasi pansus atas tercapainya program 'Jabar Caang' yang sudah terealisasi 100 persen serta elektifikasi rumah tangga sebesar 80,05 persen atau melebihi target midterm RKPD 2013 sebesar 71-73 persen.

    Atas sejumlah pembahasan itu, pansus mengeluarkan rekomendasi sejumlah hal, di antaranya meminta pemprov segera memenuhi janji-janji gubernur yang belum terealisasi. "Pansus berharap janji-janji gubernur mendapatkan prioritas untuk direalisasikan.

    Selain itu, perlu adanya peningkatan sinergitas koordinasi antara Pemprov Jabar dengan pemerintah kabupaten/kota serta pemerintah pusat. Pansus pun merekomendasikan adanya peningkatan kinerja pemprov melalui peningkatan kualitas dan kapasitas sumber daya aparatur pemerintah.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus