Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pengenalan Fungsi Damkar Kepada Siswa/Siswi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8554.jpg

    SUBANG KAB- Kantor Pemadam Kebakaran kedatangan rombongan siswa dan siswi Taman Kanak-Tanak dan Play Group (PG) Al Madina School Subang, Rabu (26/3/).

    9 orang siswa/siswi Al Madina School dengan didampingi oleh 9 orang guru, pengasuh dan orang tua. Kedatangan mereka diterima langsung oleh Kepala Dinas Tata Ruang, Pemukiman dan Kebersihan (Tarkimsih) Kab Subang, Ir. Sumasna.

    Kata Sumasna pengenalan tentang tugas Pemadam Kebakaran sangat penting terutama diperkenalkan kepada anak sejak dini. Supaya mereka bisa lebih mengetahui sosok petugas Pemadam Kebakaran.

    Disampaikan oleh Sumasna bahwa petugas pemadam kebakaran selain memadamkan api pada saat kebakaran saja, tetapi juga menyelamatkan orang yang tenggelam, evakuasi korban bencana alam, merapikan pohon di jalan raya supaya tidak tumbang saat hujan besar. “Petugas Pemadam Kebakaran bukan hanya memadamkan kebakaran tetapi bisa juga menyelamatkan orang tenggelam dan merapihkan pohon dipinggir jalan. Khususnya menjangkau bagian-bagian yang tinggi,” jelas Sumasna dalam sambutan penerimaan. Selanjutnya Sumasna menerangkan secara sekilas berbagai peralatan pemadam kebakaran yang sering digunakan oleh petugas.

    Menurut pimpinan rombongan Al Madina School, Bunda Lisnawati, tujuan mengunjungi kantor pemadam kebakaran ialah untuk mengenalkan tentang profesi. Salah satunya saat ini memperkenalkan profesi petugas pemadam kebakaran, agar siswa/i mengetahui tentang tugas antisipasi kebakaran dan yang harus dilakukan pertama kali jika ada peristiwa kebakaran di rumah atau tempat tinggal. Dengan mendapatkan penjelasan langsung dari petugas bisa lebih mudah difahami. “Kalau di sini baik siswa, guru dan orang tua juga bisa mendengar langsung serta mendengar penjelasan dari petugas yang biasa menggunakannya,” ujar Bunda Lisnawati.

    Kemudian berbagai peralatan secara detil diterangkan oleh salah Bapak Wasta, seorang petugas pemadam kebakaran diantaranya yang menjelaskan tentang fungsi masker, penggunaan baju anti panas dan mencontohkan cara menyemprot air saat terjadi kebakaran yang dipraktekkan oleh siswa/siswi. Kemudian mereka diajak berkeliling  dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran. (Teddy)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus