Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Segera Lapor Bila Keluarga Alami Gangguan Kejiwaan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8594.jpg

    BANDUNG- Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Alma Luchyati, menghimbau kepada masyarakat untuk segera melapor dan membawanya ke rumah sakit, jika ada anggota keluarganya yang mengalami gangguan kejiwaan.

    “Kita ga usah malu jika ada keluarga kita yang mengalami gangguan kejiwaan, tapi harus segera dibawa ke pelayanan kesehatan,” ucapnya.

    Menurut Alma, langkah tersebut perlu dilakukan pihak keluarga, sebagai upaya untuk pencegahan dini dengan langsung diberi obat dari petugas pelayanan kesehatan.

    “Masyarakat bisa bawa ke Puskesmas, karena seluruh Puskesmas yang ada di Jawa Barat yang berjumlah 1.050 sudah bisa melakukan deteksi dini terhadap kasus kejiwaan pada masyarakat. Cukup 2 menit pemeriksaan petugas sudah bisa menyimpulkan secara awal,” katanya.

    Alma mengatakan, berdasarkan laporan dari Puskesmas, kasus penemuan gangguan kejiwaan pada masyarakat dengan kategori gejala berat lebih sedikit dibanding dengan gejala ringan.

    “dari 465.975 ribu kasus yang mengalami gangguan kejiawaan, hanya sekitar 100 jiwa lebih yang mengalami gangguan kejiawaan berat,” ujar Alma. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus