Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Tinjau Kerusakan Jalan Jabar Selatan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8613.jpg

    PANGANDARAN - Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di Jawa Barat bagian Selatan. 

    Untuk percepatan realisasinya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meninjau sebagian ruas jalan provinsi tersebut, sepanjang Jumat, (4/4).

    "Kita bertekad agar kemantapan jalan provinsi segera 100 persen. Posisi sekarang mencapai 97,5 persen," ungkap Ahmad Heryawan.

    Pengecekan pertama dilakukan di titik Jalan Cipenda, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran. Dalam peninjauan ini, Gubernur Ahmad Heryawan didampingi Kepada Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat Guntoro dan pejabat Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat.

    Di lokasi peninjauan, Ahmad Heryawan menyaksikan petugas Dinas Marga menutup lubang jalan. Bahan yang dipakai berupa bebatuan yang dicampur dengan pasir semen. Selanjutkan dilakukan pemadatan. "Wah, parah ya," ucap Gubernur yang kerap disapa Aher, seketika menghampiri petugas perbaikan jalan yang tengah bekerja.

    Kerusakan jalan yang ditinjau sepanjang sekitar 20 kilometer, mulai Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, hingga Desa Parigi, Kecamatan Parigi. 

    Herman, ketua RT 01 RW 02, di lokasi kunjungan menjelaskan, kerusakan ini sudah berlangsung setahun lebih. Penyebab hancurnya badan jalan yakni truk pengangkut pasirbesi dari kawasan Cikaling, Tasikmalaya, menuju Cilacap. "Tidak kehitung truk pasirbesi yang bolak-balik di sini. Truknya raksasa, pantas begitu musim hujan, jalan langsung hancur," jelas Herman, dan memambahkan pengangkutan pasirbesi kini dilarang melalui jalan darat.   

    Usai menyaksikan langsung kondisi jalan sekitar 20 kilometer yang sebagian penuh lubang, Gubernur Ahmad Heryawan menjelaskan, ruas jalan rusak di berbagai lokasi segera diperbaiki. "Ini akan diperbaiki, diperlebar dan dibeton. Agregatnya diaspal, lalu di atasnya dibeton," ungkapnya. Ditambahkan, lebar jalan nantinya menjadi tujuh meter, dari sebelumnya 5,5 meter. 

    Usai di Pangandaran, Gubernur Ahmad Heryawan menyusuri jalan rusak di Jalan Raya Kelapa, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya. Kerusakan jalan membuat perkampungan di sisi jalan penuh debu saat mobil melintas. Namun, sebagian jalan di Cikalong baru saja rampung perbaikannya. Jalan yang menghubungkan Kabupaten Tasikmalaya menuju Kabupaten Garut. 

    "Kalau jalan sudah diperbaiki seperti ini, jangan sampai angkutan melewati tonase yang ditentukan kembali melintas. Kita harus jaga ketat," tandas Ahmad Heryawan. Peninjauan kondisi jalan dilakukan hingga Pamengpeuk, Kabupaten Garut.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus