Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    10 Medali Emas Target Panjat Tebing Jabar PON XIX/2016

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8657.jpg

    BANDUNG - Sempat mengalami penurunan prestasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 lalu, Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jawa Barat bertekad perbaiki prestasi dengan menargetkan 10 medali emas di PON XIX/2016 yang bakal digelar di Jawa Barat mendatang.

    “Target 10 medali emas itu adalah obsesi dan mimpi saya, sebagai pemimpin jika tidak memiliki mimpi jangan menjadi pemimpin. Otomatis dengan begitu harus sudah siap menghadapi problematik yang ada. Yang jelas amunisi, persenjataan kita harus siap, apapun yang terjadi. Tetapi sebagai komandan harus bis amengarahkan pasukannnya. Mereka harus tahu tugas pokok dan fungsi masing-masing. Sehingga target itu bisa tercapai,” ujar Ketua Umum Pengprov FPTI Jabar, Wahid Wahyudi.

    Untuk dapat meraih target tersebut, lanjut Wahid, langkah awal yang akan dilakukannya yakni memperbaiki sumber daya manusia yang ada di tubuh Pengprov FPTI Jabar saat ini. Baru setelah itu pihaknya akan mengumpulkan data base atlet serta menghidupkan komunikasi dengan semua pengurus, pelatih hingga atletnya itu sendiri.

    Wahid mengakui di PON XVIII lalu, panjat tebing Jabar telah mengalami keterpurukan prestasi. Tim panjat tebing Jabar hanya mampu meraih dua medali perunggu dan pulang tanpa medali emas.

    Berbekal pengalaman pahit tersebut membuat Pengda FPTI Jabar segera melakukan evaluasi total di tubuh kepengurusannya.

    Untuk menambah kekuatan di PON mendatang, Pengda FPTI Jabar akan berupaya mengkolaborasikan atlet senior dengan atlet-atlet junior yang beranjak ke senior yang tentunya memiliki kualitas yang bagus.

    “Potensi Jabar cukup besar. Karena belum lama ini juga banyak atlet yang berhasil di Kejurnas. Selain itu, ada beberapa atlet Jabar yang sebelumnya memperkuat provinsi lain akan kembali memperkuat Jabar. Mereka memiliki potensi,” tuturnya.

    Apalagi di bulan November mendatang akan ada pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XII/2014 yang diharapkan dapat menjadi keberangkatan awal munculnya atlet-atlet potensial Jabar untuk diturunkan di PON XIX/2016 mendatang.

    “Kalau event normatif kan ada Kejurda, sirkuit wajib, ditambah program dari pusat yaitu Kejurnas baik kelompok umur atau senior. Itu yang disepakati pusat. Selain itu dari kepengurusan di kota dan kabupaten juga aktif menggelar kejuaraan internal seperti kejuaraan kabupaten dan juga sirkuit," jelasnya.

    Sementara itu, Ketua Pengurus Pusat (PP) FPTI, Pontas Sitanggang menambahkan, di tahun 90-an, Jabar merupakan pelopor titik awal panjat tebing nasional. Jabar dikenal sebagai lumbung atlet bahkan pelatih untuk cabor panjat tebing.

    “Harapannya prestasi Jabar semakin meningkat. Dulu jago-jagonya panjat tebing nasional asalnya dari Jabar. Sesepuh atau orang pertama yang membangkitkan panjat tebing di indonesia adalah Jabar. Mudah-mudahan ada peningkatan lagi apalagi ada misi untuk meraih Jabar Kahiji di PON mendatang,”ujarnya.

    Ia juga berharap, berharap banyak juara-juara nasional panjat tebing yang terlahir dari Jabar.

    “Sempat mengalami penurunan prestasi, tapi saya berharap bisa kembali bangkit dan terlahir juara-juara nasional dari Jabar,”pungkasnya.(MG)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus