Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pembebasan Lahan Mei Ini Rampung

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8682.jpg

    BANDUNG - Mei ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana akan membuka akses jalan dari Tol di kilometer 149 menuju Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

    Hal itu dilakukannya, sebagai upaya mendukung infrastruktur pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat mendatang.

    Apalagi GBLA telah ditunjuk Gubernur Jawa Barat yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Besar (PB) PON, Ahmad Heryawan untuk menjadi tempat pembukaan dan penutupan kejuaraan nasional ke-19 tersebut.

    Awalnya, pembukaan akses jalan Tol dengan membuat interchange akan dilakukan pada awal 2014 lalu, namun dikarenakan terbentur kendala dan tidak direstui Dirjen Pekerjaan Umum (PU), rencana pun urung dilakukan.

    ?Sekretaris daerah (Sekda) Kota Bandung, Yossi Irianto mengatakan kini pihak Pemkot Bandung telah mendapatkan izin dan dapat melanjutkan kembali perencanaannya.

    "Pemkot Bandung menargetkan pembebasan lahan dari Kilometer 149 Tol Purbaleunyi menuju GBLA, bukan hanya memperkirakan tapi bisa saja selesai April sekarang", kata Yossi saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung.

    Bahkan pihaknya berjanji kepada pemilik lahan yang terkena proyek pembangunan akan mendapatkan sosialisasi.

    ?"Sebanyak 15 pemilik lahan yang terkena proyek pembangunan akan mendapatkan sosialisasi, kemudian dilanjutkan pada pengukuran," tuturnya.

    Menurut Yossi pengalokasian dana dari Pemkot Bandung mengenai proyek infrastruktur akses Tol tersebut sekitar Rp 21 miliar. Kemudian Pemprov pun menambah Rp 29 miliar. Sisanya sebesar Rp 50 miliar ditambah dari Pemprov Jabar berbentuk bantuan keuangan kepada Pemkot Bandung.?

    ?"Komitmennya kita sediakan lahan. Pelaksanaannya, tahun 2015 sudah dilakukan pembangunan interchangenya," tegasnya.

    Hal senada pun dikatakan Ketua Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Bandung, Asep Tjutju Cahyadi, pembangunan Stadion bertaraf internasional tersebut harus dapat segera digunakan paling lambat Januari 2015 mendatang.

    "Secara resmi, akan digunakan setelah fasilitas lainnya selesai. Yang paling penting interchange harus selesai akhir tahun ini dan OK semua. Paling telat januari 2015 harus sudah bisa digunakan," pungkasnya.(MG)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus