Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penyelesaian KBU, Siapkan Langkah Teknis

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8693.jpg

    BANDUNG-Pemprov. Jabar merespon  aspirasi dari beberapa  elemen masyarakat  yang meminta ada penanganan perbaikan  kawasan  permukiman di Kawasan  Bandung Utara  (KBU). Untuk merespon hal tersebut, telah disiapkan berbagai langkah teknis, papar Wagub Jabar, H. Deddy Mizwar dalam keterangannya kepada wartawan usai menggelar rakor KBU di Kantor Satpol PP, Jalan Banda Kota Bandung (17/4).

    Untuk menyiapkan langkah teknis, papar Wagub, untuk hari ini, Kamis 17 April 2014 digelar Rakor penanganan KBU yang dihadiri beberapa OPD antara lain Dinas Kimrum, Biro Hukum Pemprov. Jabar, dan BPLHD Jabar. 

    Tahapan  rakor, dimaksudkan untuk mengevaluasi sejauhmana langkah yang disiapkan untuk menyelesaikan persoalan masalah di KBU. Rakor juga dimaksudkan  untuk menentukan langkah konkrit penyelesaian masalah KBU.

    Langkah teknis penyelesaian masalah KBU sudah direalisasikan diantaranya telah memanggil  41 orang  untuk diminta keterangannya atas kondisi KBU. Dari pihak yang dipanggil diantaranya yang mengetahui soal adanya bangunan tanpa ijin. Diharapkan bulan April, khususnya pihak yang sudah dipanggil dapat menyelesaikan hal-hal yang dikeluhkan masyarakat.
    Ke depan, ujar Wagub akan ada langkah lanjutan berupa uji publik. Penanganan kerusakan KBU dengan melibatkan beberapa OPD dengan Satpol PP sebagai leading sektor.

    Sementara itu, dalam keterangannya secara terpisah kepada wartawan Kadis Satpol PP , Ujwalprana Sigit memaparkan langkah teknis penertiban kawasan KBU sudah dirancang. Perihal rancangannya  sudah diatur dalam Perda Nomor 1 Tahun 2008 tentang .

    Dalam rangka penertiban, ada beberapa lokasi yang  akan ditertibkan . Namun, yang menjadi prioritas adalah bangunan  di lahan negara yaitu di area  sepadan jalan.

    Dari pemanggilan beberapa pihak, hal yang ditemukan Baru pelanggaran dan tidak ada   tindak pidana. Peran  Pihak Satpol PP hanya membantu pihak tertentu, diantaranya membantu  membongkar bangunan yang berlokasi di sepadan jalan. (nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus