Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Harga Sembako Turun, April Alami Deflasi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8777.jpg

    Bandung - Badan Pusat Statistik ( BPS ) Jabar merilis bahwa indeks harga konsumen selama April mengalami deflasi sebesar 0,32 % 

    Kepala bidang statistik distribusi BPS Jabar Doddy G. Yusuf mengatakan deflasi terjadi karena komoditas utama yang menjadi bahan survei mengalami penurunan harga. 

    "Penurunan harga terutama pada komoditi gabah atau beras karena memang sudah memasuki masa panen," ujarnya di kantor BPS Jabar Jalan PHH Mustofa. 

    Dari tujuh kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi antara lain kelompok bahan makanan sebesar 2,1 % yang merupakan terbesar penurunannya. Lalu untuk kelompok sandang, transportasi, komunikasi dan jasa keuangan turun sebesar 0,01%. 

    "Yang tercatat masih mengalami inflasi adalah makanan jadi, minuman, rokok sebesar 0,04% dan lainnya," tegas dia. 

    BPS menyebutkan dari 7 kota yang disurvei , empat kota mengalami deflasi dan tiga kota mengalami inflasi. Kota mengalami deflasi antara lain Bekasi, sebesar 0,8%, Bogor sebesar 0,43%, Depok sebesar 0,39% dan Sukabumi sebesar 0,05%.  Kota yang mengalami inflasi tertinggi adalah Cirebon sebesar 0,26%, disusul Bandung sebesar 0,26 % dan Tasikmalaya sebesar 0,03%. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus