Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Karawang, Resmikan BBGRM

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8828.jpg

    KARAWANG-Sebagai upaya meningkatkan kembali kebiasaan gotong royong di masyarakat, Pemerintah Kabupaten Karawang mengawali kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) XI berlokasi di Kecamatan Kota Baru tepatnya Desa Pangulah Utara pada Kamis (8/5). Acara pencanangan BBGRM tersebut dilakukan dipadukan dengan Hari Gerak Kesatuan PKK ke 42 Tingkat Kabupaten Karawang.

    Acara dimulai dengan ditandai pemukulan pentungan oleh bupati didampingi Kabid Kelembagaan Desa BPMPD Kab Karawang Mamat Ruhimat, dilanjutkan pemberian bantuan alat gotong royong berupa mesin pemotong rumput simbolis diberikan kepada Camat Kotabaru Sugiono.

    Dalam sambutannya Bupati mengungkapkan, bahwa “kegiatan ini mempunyai tujuan untuk mempercepat proses keseimbangan pembangunan antara perkotaan dan perdesaan. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya sangat membutuhkan dukungan partisipasi dari seluruh komponen masyarakat, sehingga program bulan bhakti gotong royong masyarakat benar-benar merupakan pembangunan yang berasal dari rakyat, untuk rakyat dan dilaksanakan oleh rakyat serta hasilnya diharapkan bermanfaat bagi kepentingan hajat orang banyak,” ungkapnya.

    Bupati menambahkan, bahwa ”istilah Gotong-Royong sebenarnya merupakan “ciri khas” budaya bangsa Indonesia sejak dahulu, namun seiring perjalanan waktu dan masuknya pengaruh budaya luar yang sangat individual saat ini, rasa kebersamaan dan gotong-royong semakin memudar. Kepekaan sosial mulai berkurang. Tegur sapa dan bercengkrama serta kesadaran saling membantu sudah mulai luntur. Untuk itu, marilah kita galakkan lagi budaya gotong-royong masyarakat, ajak bupati.

    Menurut bupati,“BBGRM ini program Pusat dan juga Provinsi hingga Pemerintah Daerah, ini harus terus dilakukan. Namun, saya ingin berinisiatif bahwa untuk nama acara ini lebih baik tidak dengan nama Pencanangan BBGRM namun sedikit diubah yaitu Pelaksanaan. Karena dari dahulu hanya pencanangan, karena itu saat ini di mulai pelaksanaannya tidak hanya mencanangkan”, jelasnya.

    Selanjutnya mengenai Hari Kesatuan Gerak PKK ke 42 tingkat Kabupaten Karawang, menurut Bupati “PKK diharapkan dapat memberikan makna yang mendalam dalam berkiprah dan berkarya secara nyata dalam menyumbangkan darma bhaktinya bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, mengingat gerakan PKK merupakan wadah aktivitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga, demikian bupati.

    Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (BPMPD) diwakili kabid kelembagaan desa/kel Drs. Mamat Ruhimat berkata, dasar kegiatan ini adalah surat nomor : 411.1/110/PMD tanggal 13 Pebruari tahun 2014 perihal “Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XI dan hari kesatuan gerak PKK ke 42” tahun 2014, dengan sasaran kegiatan meliputi : (1) sosial kemasyarakatan, (2) ekonomi kerakyatan, (3) sosial budaya, (4) agama, (5) lingkungan hidup.  Latar belakang dilaksanakannya BBGRM dan HKG PKK, ialah untuk memperkokoh integritas sosial bangsa di dalam negara kesatuan Republik Indonesia yang merupakan bagian dari sistem nilai budaya bangsa yang perlu dilestarikan untuk memperoleh hasil guna yang optimal bagi pertumbuhan Kesejahteraan kehidupan masyarakat. Adapun untuk tujuan, yaitu untuk meningkatkan peran aktif masyarakat melalui semangat kebersamaan membangkitkan semangat gotong royong. (IKI)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus