Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Panen Perdana Rumput Laut di Cantigi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8907.jpg

    CANTIGI-Program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) di Kabupaten Indramayu terus bergema dan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Buah dari Posdaya itu, masyarakat Desa Cemara Kecamatan Cantigi menikmati manisnya hasil panen rumput laut yang telah ditanam pada bulan Desember 2013 yang lalu.

    Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah dan Ketua Yayasan Damandiri Prof. DR. Haryono Suyono bersama dengan masyarakat setempat melakukan panen perdana rumput laut dilahan seluas 3,5 hektar, Kamis (22/5).

    Saat ini luas lahan tambak di Desa Cemara Kecamatan Cantigi seluas 1.200 hektar namun yang baru ditanami rumput laut seluas 3,5 hektar dengan panen perdana mencapai 80 ton. Sedangkan petani tambak yang berminat mengembangkan usaha rumput laut ini berjumlah sebanyak 36 orang dan luas lahan yang siap tanam sebanyak 92 hektar.

    Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah seperti yang dilansir Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu  mengungkapkan, warga  Desa Cemara sangat menyambut baik bantuan bibit rumput laut yang telah diberikan oleh Yayasan Damandiri beberapa waktu lalu. Bantuan yang diberikan tersebut kini telah membuahkan hasil yang cukup menggembirakan.

    Selain itu, budidaya rumput laut juga ternyata tidak menganggu budidaya bandeng dan udang yang sudah ada sebelumnya. Namun dengan adanya rumput laut justru bandeng dan udang yang ada dibawahnya semakin bagus bahkan bisa dipanen secara bersamaan.

    “Kegiatan ini merupakan harapan baru bagi masyarakat di Desa Cemara karena akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena dengan menanam rumput laut hasil yang dicapai cukup besar dan cukup menjanjikan karena selain harga yang relative stabil serta peluang ekspor yang sangat terbuka,” kata bupati.

    Sementara itu Ketua Yayasan Damandiri Prof. DR. Haryono Suyono mengatakan, saat ini pihaknya menyambut baik usulan dari Bupati Indramayu agar masyarakat miskin menjadi pengelola lahan tambak dengan pola kemitraan dengan pemilik tambak. Setiap kali panen, hasilnya harus disumbangkan kepada warga miskin sehingga pendapatannya bisa mengalami peningkatan dengan kata lain warga miskin juga memiliki saham di budi daya rumput laut tersebut.

    “Saat ini jika dikelola dengan baik maka budidaya rumput laut ini akan menghasilkan juragan-juragan baru yang berasal dari warga miskin. Maka ini secara langsung akan berdampak bagi perkembangan ekonomi di desa itu,” tegas mantan kepala BKKBN ini.

    Kegiatan panen perdana di Desa Cemara tersebut juga dihadiri oleh jajaran Yayasan Damandiri, perwakilan Kementrian Kelautan dan Perikanan, Dandim 0616 Indramayu, Ka Polres Indramayu, Ketua Pengadilan, dan undangan lainnya. (deni/humasprotokolindramayu)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus