Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Diklat Bentuk Aparatur Cerdas dan Jujur

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8961.jpg

    KARAWANG-Sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas dan kompentensi sumber daya aparatur pemerintahan untuk jenjang jabatan Eselon IV, Pemkab Karawang melalui Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah menyelenggarakan Diklat PIM IV yang pembukaannya secara resmi oleh Bupati Karawang Senin (2/6) di Gedung Diklat Kab Karawang

    Dalam Amanatnya Bupati Karawang menyampaikan, bahwa pada diklat ini selain dapat membentuk figur aparatur pemerintah yang cerdas, terampil, jujur, bersih dan mampu memahami situasi dan kondisi wilayah, juga sadar akan tanggung jawabnya sebagai “Aparatur Pemerintah, Abdi Negara Dan Abdi Masyarakat” Ujarnya

    Bupati menambahkan, bahwa “Aparatur Sipil Negara sebagai unsur SDM aparatur negara, mempunyai peran dan fungsi dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan roda pemerintahan, peningkatan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan. Sosok PNS yang mampu memainkan peran tersebut, adalah aparatur negara yang memiliki kompetensi sikap dan perilaku yang penuh dengan kesetiaan, ketaatan, bermoral, profesional dan bertanggung jawab sebagai pelayan publik serta mampu sebagai perekat pemersatu bangsa, Tegasnya

    “Oleh karena itu untuk membentuk sosok aparatur negara, maka  perlu melakukan pembinaan, salah satunya melalui jalur Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan (DIKLATPIM”), ujar Bupati.

    Terakhir Bupati mengharapkan, “kepada seluruh peserta Diklatpim Tingkat IV, agar mengikuti kegiatan ini sejak awal sampai akhir dengan seksama dan penuh rasa tanggung jawab. Karena hasil dari Diklatpim Tingkat IV ini bermanfaat sebagai bekal untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas saudara sebagai salah satu syarat formal untuk menduduki jabatan struktural, demikian bupati.

    Sementara itu dari perwakilan Badan Diklat Daerah Provinsi Jawa Barat Kabid Diklat Kepemimpinan dan Fungsional Ade Afriandi, MT memberikan nasehatnya, antara lain “kita selaku aparatur perlu pahami keinginan masyarakat. Sejauh ini profesionalisme masih jauh dari harapan. Personil dan sistem yang berlaku saat ini perlu terus dikembangkan.

    Pada pola baru diklat Pim IV selama 97 hari berdasar pada Kep Kepala LAN No 13 Tahun 2013. Pada pola ini juga atasan langsung dilibatkan sebagai mentor. Pemimpin saat ini harus dapat memperlihatkan keteladanan bagi masyarakat sehingga mampu menguasai pekerjaan, jelas Ade Afriandi.

    Kemudian laporan Ketua panitia penyelenggara dalam hal ini Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kab Karawang Drs. Haryanto, MM dalam laporannya menyampaikan “ penyelenggaraan diklat ini merupakan Program kerja BKD Karawang Tahun 2014. Memiliki tujuan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan struktural eselon IV secara profesional dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai kebutuhan Instansi.

    Jumlah peserta sebanyak 30 orang yang terdiri dari berbagai Pejabat lingkup Pemkab Karawang setingkat eselon IV. Waktu pelaksanaannya selama 97 Hari terbagi dalam Diklat di kampus, diklat Observasi Lapangan dan sesi lainnya.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus