Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemkot Cimahi Siapkan Puskesmas Jadi BLUD

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9069.jpg

    CIMAHI-Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi tengah menyiapkan tiga dari tiga belas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kota Cimahi  menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Hal tersebut dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

    “Perubahan status dari Puskesmas ke BLUD sejalan dengan keluarnya Peraturan Presiden Nomor 32 Tahun 2014 tentang Pengelolaan dan Pemanfaatan Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Milik Pemerintah Daerah dan Pereturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2014 tentang Penggunaan Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional Untuk Jasa Pelayanan Kesehatan Dan Dukungan Biaya Operasional Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Milik Pemerintah Daerah,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, dr. Fitri Manan kepada wartawan.

    Dr. Fitri Manan menjelaskan, saat ini ketiga Puskesmas tersebut sedang mempersiapkan dan membiasakan diri, antara lain dalam hal menyusun renacana anggaran dan pelaporan. Pasalnya, setelah berubah status menjadi BLUD, harus mengelola anggaran sendiri.

    Dalam Pasal 1 ayat (8) Peraturan Presiden Nomor 32 Tahun 2014 tentang Pengelolaan dan Pemanfaatan Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Milik Pemerintah Daerah, dijelaskan bahwa BLUD adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau unit kerja pada SKPD di lingkungan Pemerintah Daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsif efisiensi dan produktivitas.

    “Perubahan status Puskesmas menjadi BLUD memerlukan kajian yang matang dan memerlukan sosialisasi cukup panjang. Kami juga melakukan pelatihan sumber daya manusianya, khususnya dalam hal layanan kesehatan, termasuk layanan rawat inap. Pada tahun 2019 nanti, ada keharusan Puskesmas di kabupaten/kota menjadi BLUD,” katanya. (enal).

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus