Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pelayanan Terpadu di Karawang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9125.jpg

    KARAWANG-Pelayanan Hukum terpadu antara Pengadilan Agama, Kementerian Agama dan Dinas Dukcapil Kab Karawang sukses diselenggarakan di Kab Karawang.  Keberhasilan pelayanan terpadu itu ditinjau oleh rombongan Family Court of Australia termasuk diantara nya departements of foreign affairs and trade di pimpin oleh lembaga Australian Indonesia Partnership for Justice. Hadir pula dari Pusat Mahkamah Agung RI dirjen Badan Peradilan Agama, Kementrian Dalam Negeri Dirjen Dukcatpil. Pelayanan terpadu di Karawang tersebut, antara lain untuk memperoleh Buku nikah dan Akte. Kegiatan di pusatkan di desa Sukakerta Kec Cilamaya Wetan Kab Karawang pada Senin ( 23/6) pagi, rombongan diterima oleh Sekda Kab Karawang H. Teddy.

    Dalam sambutannya singkatnya Sekda menyampaikan” selamat datang kepada Rombongan Family Court of Australia, dan jajaran lainnya, serta kepada jajaran MA Republik Indonesia. Menurut Teddy, program ini sudah kami lakukan sejak beberapa tahun yang lalu  guna  menertibkan identitas administrasi. Buku nikah dan akte sangat penting dipunyai warga Kab. Karawang. Bila kesadaran masyarakat kurang kami jemput bola dengan menggelar di desa langsung, ujar Teddy.

    Ribuan pasangan suami istri sudah nikah secara agama tapi belum tercatat di dokumen negara dan kami jemput bola dengan menggelar Sidang Itsbat Nikah bersama KUA.  Terakhir Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini,”ujarnya.

    Usai melihat pelayanan terpadu, rombongan dari Family Court of Autralia menemui Bupati Karawang dan berdialog seputar proses pelayanan terpadu di Karawang. Bupati menjelaskan, bahwa jenis pelayanan seperti ini sangat penting karena masyarakat yang belum miliki identitas, akan sangat terbantu dalam memperoleh identitas hukum. Terakhir saya terimakasih kepada Dirjen Badilag Kemendagri RI terpilihnya Kabupaten Karawang untuk daerah yang ditinjau mengenai ini karena ini sebagai indikator ilmu yang akan diserap oleh jajaran dari negara Australia ini, semoga kerjasama kita ini dapat terus terjalin ini bukan merupakan yang pertama dan yang terakhir,”pungkasnya.

    Dari perwakilan Kemendagri Dirjen Dukcatpil mengungkapkan, “ saya apresiasi kepada Bupati Karawang H. Ade Swara yang telah selenggarakan pelayanan Hukum terpadu ini. Ini juga bisa dijadikan contoh bagi daerah lainnya. Nikah Melalui program jemput bola, warga yang memerlukan pelayanan tidak perlu jauh datangi ke kota.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus