Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Makanan Bergizi Seimbang dan Aman Untuk Daulat Pangan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9468.jpg

    BANDUNG -- Dalam menghadapi era ekonomi kreatif di tahun 2015 maka kita harus menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehat dan unggul yang diawali dengan pengetahuan tentang komponen makanan yang betul-betul Bergizi Seimbang dan Aman, sehingga kita mempunyai kemandirian dan kedaulatan pangan yang tidak bergantung pada negara lain.

    Ketua TP PKK Prov. Jawa Barat Netty Heryawan mengatakan dengan adanya lomba ini bukan saja acara agenda tahunan sebagai sebuah rangkaian Peringatan Hari Jadi Provinsi Jabar dan memperingati Hari Pangan Sedunia ke 34. Juga dapat dimaknai dengan lahirnya berbagai inovasi dari olahan pangan menjadi lebih menarik sehingga masyarakat mencintai produk lokal dan harus bernilai ekonomis.

    Disampaikan pada acara Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal dan Lomba Masak Olahan Ikan dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia di Parkir Barat Gedung Sate Bandung, Kamis (14/8).

    Kepala Biro Bina Produksi Setda Prov. Jawa Barat Poppy Sophia Bakhur mengatakan tujuan dari lomba ini untuk mensosialisasikan diversifikasi konsumsi pangan dan beragam, bergizi, seimbang dan aman berbasis sumberdaya lokal. Selain itu, untuk memperkenalkan keaneka ragaman masakan olahan ikan, agar menyadari pentingnya mengkonsumsi ikan dan menjadikan kebiasaan konsumsi ikan sebagai budaya.

    Acara lomba ini diinisiasi oleh Biro Bina Produksi Setda Jawa Barat yang bekerjasama dengan OPD di lingkup rumpun Dinas Pertanian. Dengan tujuan untuk mengimplementasikan peraturan pemerintah No. 22 tahun 2009 dan pergub No. 60 tahun 2010 tentang percepatan penganekaragaman divertifikasi pangan berbasis pangan lokal.

    Dengan diikuti oleh 22 Kab/Kota Provinsi Jawa Barat, sedangkan Kab. Pangandaran, Kota Bekasi, Kab. Ciamis, Kab. Sumedang dan Kota Banjar tidak mengikuti Lomba. Nantinya pemenang lomba akan mewakili Jawa Barat pada Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat nasional pada peringatan HPS ke 34 tingkat nasional bulan November 2014 di kota Makasar.

    Pemenang Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) yaitu Kab. Sukabumi, Kota Cimahi dan Kota Cirebon. Pemenang Lomba Masak Olahan Ikan yaitu Kota Bogor, Kota Cimahi dan Kab. Bekasi.

    Pada akhirnya Netty berpesan kepada pemenang lomba untuk dapat menjaga nama baik Jawa Barat di tingkat Nasional sebagaimana pada tahun lalu menjadi salah satu pemenang dan mampu mempertahankan prestasi di tingkat Nasional nantinya.

    Dihadiri oleh Wakil Ketua TP PKK Prov. Jawa Barat Giselawati Mizwar, Kepala OPD Prov. Jawa Barat dan Ketua TP PKK Kab/Kota Prov. Jawa Barat. Asisten bidang perekonomian.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus