Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Polres Cimahi Gelar Latihan Kontijensi Terkait Putusan MK

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9500.jpg

    CIMAHI-Kepolisian Resor (Polres) Cimahi menggelar Latihan Kontijensi Terkait Putusan Sidang Mahkamah Konstitusi (MK) dalam Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 di Gerbang Tol Baros, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Senin (18/8).

    Latihan Kontijensi dalam bentuk Simulasi Penyekatan Massa yang akan bergerak ke Jakarta Terkait Putusan Sidang MK melalui Gerbang Tol Baros tersebut dimulai pukul 11.15 WIB hingga pukul 12.30 WIB. Dihadiri oleh Kapolres Cimahi AKBP Erwin Kurniawan, Bupati Bandung Barat H. Abu Bakar, Wakil Walikota Cimahi H. Sudiarto, Wakil Bupati Bandung Barat, Yayat T Soermitra, Kepala Kejaksaan Negeri Cimahi Fadlul Azmi, Kasatpol PP Kota Cimahi Ruswanto, Anggota KPU Kota Cimahi, Ketua Panwaslu Kota Cimahi, Anggota Panwaslu Kabupaten Bandung Barat, Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat serta sejumlah undangan lainnya.

    Simulasi atau latihan menghadapi kontijensi terkait putusan MK tanggal 21 Agustus 2014 tersebut, diawali dengan adanya pergerakan massa kurang lebih 500 orang dengan menggunakan empat buah bus dan dua buah kendaraan roda empat bak terbuka di Jalan Baros menuju Gerbang Tol Baros 2 yang selanjutnya akan bergerak ke Ibukota Jakarta. Irin-iringan kendaraan massa tersebut dihentikan oleh Tim Negosiator dari Polres Cimahi kurang lebih 500 meter sebelum Gerbang Tol Baros 2. Namun, massa tetap memaksa ingin melanjutkan perjalanannya. Karena tidak ada titik temu, akhirnya pihak kepolisian melakukan upaya pembubaran massa dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:

    Tahap pertama menurunkan sejumlah Polwan dan negosiator. Massa tetap bertahan ingin melanjutkan perjalanan. Tahap kedua, dibubarkan dengan cara melakukan tembakan peringatan. Massa tetap bersikukuh ingin melanjutkan perjalanan. Tahap berikutnya, pihak kepolisian menyemprotkan air dengan menggunakan water caonon dan massa pun bubar.

    “Alhamdulillah latihan menghadapi kontijensi terkait putusan MK berjalan dengan tertib dan lancar. Latihan berjalan dengan baik sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan. Ini semua berkat dukungan instansi terkait,” kata Kapolres Cimahi usai menutup latihan menghadapi kontijensi terkait putusan MK dalam Sidang PHPU tersebut kepada wartawan.

    Latihan Kontijensi tersebut, menurut Kapolres, sebagai salah satu upaya mengantisipasi tindakan anarkis pasca putusan MK oleh massa salah satu pendukung calon presiden dan wakil presiden. Kapolres  mengimbau agar masyarakat tetap tenang dalam menyikapi Putusan MK dalam Sidang PHPU Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014. Tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang merugikan stabilitas di daerahnya masing-masing. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus