Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tanaman Hidroponik Diminati Kabupaten Gianyar Bali

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9521.jpg

    BANDUNG-Pemerintah Kabupaten Gianyar Provinsi Bali, sangat tertarik untuk menerapkan program kawasan rumah pangan lestari (KRPL) dengan pengembangan tanaman hidroponik.  Ketertarikan tersebut muncul, setelah melihat KRPL yang dikembangkan Pemerintah Kabupaten Bandung diseluruh wilayah kecamatan yang ada.

    “Saya sangat tertarik dengan program ini karena sangat efektif untuk dikembangkan dilahan sempit dan tidak memerlukan pasokan air yang banyak”, ucap Sekretaris Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan (Distanhutbun) Kabupaten Gianyar, Ir. I Gusti Ngurah Aryawan, M.Si seusai mengunjungi KRPL di rumah dinas Bupati Bandung, Rabu (20/8). Dalam kunjungan tersebut, turut pula sejumlah petugas penyuluh pertanian Kabupaten Gianyar.

    Selama kunjungan di lokasi KRPL, rombongan mendapat penjelasan tehnis dari Kepala Distanhutbun Kabupaten Bandung Ir. H. A. Tisna Umaran, MP. Menurutnya, tanaman yang dikembangkan di KRPL menggunakan sistem hidroponik yang memanfaatkan sedikit air dengan penggunaan pupuk organik.

    Secara ekonomis, pengembangan tanaman hidroponik menurut Tisna sangat menguntungkan. Mengingat modal untuk pengembangan tanaman ini relatif kecil, sementara pemasarannya sangat terbuka lebar. “Sehingga tidak heran jika program KRPL ini terus menyebar di wilayah Kabupaten Bandung” , kata H. A. Tisna Umaran.

    Jenis tanaman yang cocok untuk dikembangkan di KRPL, menurut Tisna antara lain Pakcoy, Sosin, Saladah Bokor, Terong, Kemangi. Jenis tanaman ini tidak memerlukan pasokan air yang banyak, yang penting sirkulasi penyirapan harus lancar.

    Selain Kabupaten Gianyar, beberapa waktu lalu Pemerintah Kabupaten Badung Provinsi Bali juga melakukan kunjungan yang sama ke KRPL yang berada diseputar rumah dinas Bupati Bandung. Bupati Badung, Anak Agung Gede Agung saat itu menyatakan ketertarikannya untuk mengembangkan program KRPL. Mengingat lahan yang tersedia diwilayah Kabupaten Badung, lambat laun mulai beralih fungsi menjadi kawasan pariwisata.
    Disamping mengembangkan tanaman hidroponik di lokasi KRPL, Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH., S.Ip kini tengah berupaya mengembangkan tanaman asparagus. Karena menurutnya, tanaman ini tidak sulit untuk dibudidayakan, sedangkan daerah pemasarannya sangat terbuka. “Tanaman asparagus banyak diminta oleh para pengusaha hotel dan restoran, mereka perlu untuj memperindah ruangan hotel”, kata H. dadang M. Naser.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus