Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kerjasama Jabar Dengan Sento Cooperative Jepang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9534.jpg

    BANDUNG – Jawa Barat memiliki komitmen yang tinggi dalam mengembangkan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUMKM), baik dari aspek SDM, permodalan, manajemen usaha, maupun pemasarannya. Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar dalam penandatanganan kesepakatan kerjasama lembaga Koperasi di Jawa Barat dengan Sento Cooperative Jepang di Aula Timur, Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Bandung, Kamis (21/8).

    Pada kesempatan ini ditandatangani kesepakatan kerjasama lembaga koperasi, lembaga pendidikan, dan lembaga pelatihan di Jawa Barat. Kesepakatan ini terjalin antara Ikopin dengan Sento Cooperative Jepang, Koperasi Kulak Mitra Pakuan Ardin Jabar dengan Puskud Jabar dan LPK Bahana Inspirasi Muda Al-Ikhsan Center.

    Dalam sambutannya, Wagub sangat mengapresiasi kesepakan kerjasama ini dan diharapkan dapat menjadi pemacu tumbuh dan berkembangnya KUMKN di Jawa Barat. 

    “Untuk itu, sektor riil harus terus kita dorong, terutama Koperasi dan UMKM. Keberpihakan terhadap KUMKM juga sangat penting, karena pada tahun 2015 Indonesia akan memasuki Asean Economic Community (AEC) yang menjadikan Asean sebagai single market and production base (aliran bebas barang, bebas jasa, bebas investasi, bebas tenaga kerja terdidik, dan bebas modal," ujar Wagub dalam sambutannya.

    Wagub pun mengatakan, bahwa Pemprov Jawa Barat akan menambah Rp 100 Miliar untuk alokasi Kredit Cinta Rakyat, menjadi Rp 335 Miliar pada tahun ini untuk mendorong tumbuhnya KUMKM. Untuk efektifitas dana ini, Wagub ingin Pemprov dan pihak terkait dapat mensosialisasikan dengan baik dana ini, sehingga dapat diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat untuk mendirikan dan mengembangkan usaha.

    Pada acara yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Barat, Anton Gustoni, Presiden Direktur Sento Cooperative Jepang, Tadashi Kimura, Rektor Ikopin, Kepala Puskud Jabar, serta Kepala LPK Bahana Inspirasi Muda Al-Ikhsan Center ini, Wagub sekaligus melepas 100 dari 300 orang peserta pelatihan calon magang ke Jepang untuk diberikan pelatihan dan pendidikan kewirausahaan.

    Dalam sambutannya, Tadashi Kimura sangat mengapresiasi program kerjasama ini dan diharapkan dapat menjadi percontohan Koperasi di Indonesia. 

    “Saya sangat mengapresiasi program strategis kemitraan kewirausahaan baru. Dan diharapkan program ini dapat menjadi percontohan pengembangan Koperasi di Indonesia”, ujar Tadashi.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus