Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Netty : Kunci Utama Mendidik Anak Adalah Cinta

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9557.jpg

    BANDUNG-Masa keemasan bagi anak-anak merupakan masa yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Ini merupakan modal dasar atau modal awal dalam pembentukan karakter dan pola pikir dari anak-anak hingga dewasa. Maka dari itu harus ada sebuah terobosan bagaimana tenaga pendidik dapat menghasilkan penerus bangsa yang unggul dan mampu bersaing.

    Bunda Paud Prov. Jawa Barat Netty Heryawan mengatakannya pada Acara Seminar Akademik Unit Pengembangan Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Bandung dengan Tema "Peran Guru Dalam Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia" di Gedung Balai Sartika Buah Batu Bandung, Selasa (26/8).

    ”Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah,” tuturnya.

    Namun, Netty mengatakan, bahwa realitanya sekarang ini masih banyak guru yang tidak berlatar pendidikan sesuai dengan ketentuan dan bidang studi yang dibinanya, masih banyak guru yang memiliki kompetensi keilmuan dan profesionalitas rendah dan memprihatinkan.

    Netty juga menyebutkan masih banyak guru yang kurang terpacu dan termotivasi untuk memberdayakan diri.

    Adapun upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki variabel dalam pendidikan yaitu hardware berkaitan dengan pemerintah untuk memperbaiki sistem dan meningkatkan mutu pendidikan, software berkaitan komunitas yang dapat berkontribusi pada perbaikan mutu di kelompok masyarakat atau orang tua dan brainware dari guru tersebut untuk terus termotivasi dan lebih kreatif dalam mendidik. “Kunci utama dalam mendidik anak adalah cinta,” lanjutnya.

    Maka dari itu, Netty berpesan, kepada lulusan UPBJJ-UT sebagai seorang Guru harus dapat mengenal gaya belajar siswa, dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat lebih kreatif dalam mengemas untuk menyampaikan materi. Sehingga hubungan antara pendidik dan terdidik dapat terjalin dengan baik dan dapat mencetak generasi penerus yang unggul di masa yang akan datang.

    Seminar ini merupakan rangkaian acara bagi mahasiswa-mahasiswa yang lulus untuk mendapatkan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI). UPI yang diselenggarakan di setiap UPBJJ-UT di seluruh Indonesia bagi mahasiswa yang tidak tertampung untuk mengikuti wisuda di Jakarta. Lulusan yang diundang di Jakarta merupakan mahasiswa terbaik yang terjaring lewat nilai IPK akhir studi mereka.

    UPI dilaksanakan dari tanggal 27 – 28 Agustus 2014 dengan jumlah 2.019 lulusan, terdiri dari S1 PGSD sebanyak 1.254, S1 PAUD sebanyak 105 dan D2 Perpustakaan sebanyak 658. Lulusan ini berasal dari Kab. Ciamis, Kab. Pangandaran, Kab. Kuningan, Kab. Bandung, Kot a Bandung, Kota Cimahi, Kab. Sumedang, Kab. Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kab. Cirebon, Kota Cirebon, Kab. Indramayu, Kab. Subang, Kab. Purwakarta, Kab. Banjar dan Kab. Bandung Barat.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus