Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Proses Survey KHL Di Beberapa Daerah Sudah Dimulai

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9816.jpg

    BANDUNG. Rangkaian tahapan persiapan penetapan Upah Minimum Kota/Kabupaten di Jabar, yaitu penetapan standar Kebutuhan Hidup Layak (KHL), kini sudah masuk dalam tahapan survey. 

    Survey ini diharapkan dapat selesai paling lambat 21 November 2014, ungkap Kadis Nakertrans Jabar, Hening Widiatmoko dalam keterangannya kepada wartawan di Gedung Sate (1/10).

    Proses survey KHL sudah dilaksanakan beberapa tahapan, antara lain sebelum Idul Fitri, Bulan September dan  Oktober survey di beberapa daerah ada yang masih jalan. Jika pada Bulan Oktober Survey selesai, maka usulan KHL pada 7 November 2014 dapat diserahkan kepada Dewan Pengupahan sehingga penetapan Upah Minimum Kota (UMK) dapat diterbitkan pada 21 November 2014

    Standar KHL , jelas Heningdengan proses tersebut tidak akan berubah, asal saja tidak  adaperubahan seperti perubahan harga BBM atau kenaikkan harga BBM. Jika perubahan kebijakan itu terjadi, apalagi dilaksanakan dalam tahun 2014 ini akan berdampak pada berubahnya standar KHL dan berdampak pula pada keterlambatan penetapan UMK.

     Standar KHL, besarannya berbeda di 27 Kota/Kabupaten. Sebagai gambaran di tahun 2013,  terendah di Kabupaten Majalengka sebesar Rp.  1 juta dan tertinggi di Kabupaten Karawang  sebesar Rp. 2, 4 juta. Standar KHL dengan melihat pengalaman di tahun-tahun sebelumnya setiap tahun mengalami kenaikan dengan rata-rata  10 sampai 15 persen. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus