Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Budidaya Ikan Menggunakan Kolam Terpal Lebih Praktis

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9820.jpg

    CIMAHI-Para petani ikan air tawar di Wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat lebih memilih menggunakan media kolam ikan terbuat dari terpal daripada membuat kolam ikan dengan cara menggali tanah.

    “Sudah dua tahun ini, saya membudidayakan ikan lele dengan menggunakan kolam terpal. Bila dibandingkan dengan kolam tanah, lebih praktis menggunakan kolam terpal,” kata H. Ade, salah seorang pembudidaya ikan Lele Sangkuriang di Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

    Hal senada juga diungkapkan oleh Ajib, salah seorang pembudidaya Ikan Lele Rajamandala di Kampung Gantungan, Desa Jaya Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat kepada jabarprov.go.id, Rabu (1/10).

    “Untuk budidaya Ikan Lele dari Rajamandala ini saya sudah membeli 20 buah kolam terpal. Harga satu buahnya Rp 300.000. Sekarang kolam terpal sudah banyak dijual di sentra-sentra budidaya ikan, salah satunya di Rajamandala,” katanya.

    Budidaya Ikan Lele dengan menggunakan kolam terpal, menurut Kusnadi, Penanngung jawab Kolam Ikan Lele, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Balai Benih Ikan Air Tawar & Pusat Kesehatan Hewan Diskopindagtan Kota Cimahi, memang kini menjadi pilihan masyarakat. Selain praktis, harga kolam terpal juga cukup terjangkau. Hanya Rp 300.000 ber buah ukuran panjang 2 meter, lebar 1 meter dan tinggi satu meter.

    “Kalau kolam ikan terbuat dari fiber dengan ukuran yang sama, yaitu  2 m X 1 m X 1 m harganya mencapai Rp 3 juta per buah,” katanya.

    Menggunakan kolam ikan terbuat dari terpal, menurut Ajib dan Kusnadi, cukup mudah. Peralatan lainnya yang harus disediakan adalah bamboo dan paralon. Bambu digunaka untuk tiang penyangga, sedangkan paralon ukuran 3 Inc untuk membuang air yang sudah tidak digunakan.

    Setelah kolam ikan terpal siap digunakan, isi dengan air tawar dengan ketinggian 75 cm. Lalu biarkan kurang lebih selama dua minggu, untuk adaptasi. Jangan langsung digunakan untuk budidaya ikan. 
    “Kalau langsung digunakan berakibat patal, ikan lele akan mati karena aroma terpal masih menyengat,” katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus