Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Cellica Buka Pelatihan Kepramukaan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9888.jpg

    KARAWANG-Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup dan ahlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai – nilai Kepramukaan. Pendidikan Kepramukaan berisi perpaduan proses pengembangan nilai sikap sebagaimana diamanatkan dalam Permendikbud RI No.63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan Ekstrakulikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

    Pembina Pramuka adalah Guru Kelas/Guru Mata Pelajaran yang telah memperoleh Sertifikat paling rendah Kursus Mahir Dasar atau Pembina Pramuka yang bukan Guru Kelas /Guru Mata Pelajaran, selanjutnya Guru Kelas/Guru Mata Pelajaran yang melaksanakan tugas tambahan sebagai Pembina Pramuka dihitung sebagai bagian dari pemenuhan beban kerja Guru dengan beban kerja paling banyak 2 (dua) jam pelajaran perminggu.


    Berdasarkan hal tersebut Pramuka Kwartir Cabang Karawang selenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Tahun 2014 yang resmi dibuka penyelenggaraannya oleh Wakil Bupati Karawang, dr.Cellica Nurachdiana dengan Ceremony penyematan Tanda Peserta kepada Perwakilan Peserta di  Aula SMAN 5 Karawang, Senin (13/10).

    Dalam sambutannya Wabup menyampaikan, “Sebagai suatu Organisasi, Gerakan Pramuka khususnya Kwartir Cabang Karawang, telah banyak memberikan andil besar dalam pembangunan yang telah dan sedang berlangsung di Kabupaten Karawang terutama dalam hal penyiapan kader-kader bangsa yang berkualitas. eksistensi dan peranan gerakan pramuka tampak dari peran aktif Gerakan Pramuka yang banyak melibatkan anggota Pramuka dalam berbagai kegiatan positif yang tentunya sangat bermanfaat tidak hanya bagi anggota Pramuka saja, terlebih dengan pelaksanaan kegiatan kursus pembina Pramuka yang kita selenggarakan ini”, imbuhnya.


    Lanjutnya, “Untuk itu, segenap keluarga besar Gerakan Pramuka keberlangsungan suatu organisasi salah satunya ditentukan oleh faktor Sumber Daya Manusia yang terlibat didalamnya. faktor ini memegang peranan yang sangat dominan karena menyangkut kapabilitas dan kredibilitas organisasi tersebut dalam mengimplementasikan berbagai rencana kegiatan yang telah disusun sesuai dengan peranan dan fungsinya, baik bagi intern organisasi maupun bagi masyarakat luas.

    oleh karenanya upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi hal yang sangat prioritas untuk dilaksanakan melalui pemberdayaan berbagai potensi yang dimiliki oleh suatu organisasi, tak terkecuali bagi Gerakan Pramuka di Kabupaten Karawang”, tandasnya.

    Namun demikian Wabup menambahkan, “Berkaitan dengan uraian di atas, Saya sampaikan dukungan atas kegiatan ini,  secara pribadi saya memandang bahwa, pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu upaya berkesinambungan organisasi gerakan pramuka guna memberdayakan diri melalui peningkatan segenap potensi sumber daya yang dimiliki oleh para pembina. Dengan harapan pada akhirnya nanti para peserta akan memiliki pengabdian dan tanggungjawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan negara indonesia “, harapnya.

    Sementara itu Drs.Hari Radianto selaku ketua penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal praktis membina pramuka, adapun sasaran kegiatan ini yaitu : Peserta mampu memahami, menghayati dan melaksanakan AD & RT Gerakan Pramuka.

    Kegiatan ini akan dilaksanakan di 2 (dua) tempat yakni, Kampus SMAN 5 Karawang mulai Tanggal 13 s/d 16 Oktober 2014 dan Bumi Perkemahan Panaruban Kabupaten Subang mulai Tanggal 17 s/d 18 Oktober 2014. Untuk pelatih berasal dari para Pembina Pramuka yang bersertifikat KPD dan KPL dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Karawang.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus