Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov. Jabar Tandatangani MoU Dengan KPPU

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9890.jpg

    BANDUNG. Pemprov. Jabar Senin (13/10) menandatangani MoU dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Penandatanganan berlangsung di Aula Barat Gedung Sate oleh Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan dan Ketua KPPU , M Nawir Mesi.

    Gubernur, atas penandatanganan MoU tersebut mengungkapkan melalui kerjasama ini tak ada lagi praktek monopoli usaha.
     
    Kerjasama merupakan wujud anti monopoli sebagai salah satu implementasi cinta NKRI.

    Melalui kerjasama ini, produk ekspor dari Indonesia seperti Umbi Cilembu dapat mencegah praktek cartel.

    Menurut Nawir, dalam pertemuan tersebut MoU yang saat ini dibuat merupakan perpanjangan dari MoU sebelumnya yang ditandatangani 27 Juni 2013.

    Pembaharuan naskah kerjasama yang intensif diperlukan untuk mencegah potensi terjadinya praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat di Jabar yang mungkin terjadi.

    Fokus kerjasama adalah pencegahan yakni melalui harmonisasi dan asistensi penyusunan Peraturan Perundang-Undangan dan kebijakan daerah agar tidak bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999.

    Kerjasama meliputi : tukar-menukar informasi dan kajian bersama yang berkaitan dengan larangan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat serta sosialisasi kepada aparat Pemprov, Kota/Kabupaten, pemangku kepentingan dan pembinaan pelaku usaha sebagai upaya advokasi persaingan usaha yang sehat.

    Kegiatan ini, ditutup dengan sosialisasi perkenalan dan uji coba manual kebijakan persaingan usaha kepada Pemprov, Pemkab/Pemkot selaku regulator yang bersentuhan langsung dengan pelaku usaha di daerah.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus