Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

potensi daerah

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Potensi Pariwisata

    Situ Patenggang

    Kabupaten Bandung
    https://jabarprov.go.id/assets/data/potensi/71_patenggang.jpg
    • Ikhtisar »
    • Transportasi »
    • Penginapan »
    • Restoran »
    • Cindera Mata »
    • Event »
    • Galeri Foto »
    • Galeri Video »

    Situ Patenggang
    Situ Patengan atau Situ Patenggang berasal dari Bahasa Sunda. Situ berarti danau, sedangkan patengan/patenggang berasal dari kata pateang-teangan yang berarti saring mencari.

     

    Situ Patenggang mempunyai kisah yang konon, mengisahkan Cinta Putra Prabu dan Putri Titisan Dewi yang besar bersama alam. Ki Santang dan Dewi Rengganis mereka berpisah untuk sekian lama, karena cinta mereka yang begitu dalam mereka saling mencari dan akhirnya mereka dipertemukan kembali di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan Batu Cinta. Dewi Rengganis pun minta dibuatkan sebuah danau dan sebuah perahu untuk berlayar, perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (pulau asamara/pulau Sasaka).

    Menurut cerita ini berkembanglah sebuah mitos, yaitu bagi pasangan kekasih yang ingin hubungannya langgeng datanglah ke Situ Patenggang dan singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara senantiasa mendapatkan cinta yang abadi seperti mereka.

    Pengunjung tidak akan bisa melupakan dengan keindahan alam Situ Patenggang dengan luas mencapai sekitar 60 Ha dan keindahan di sekitarnya, seperti area perkebunan teh Rancabali yang menghampar luas sertas kawasan hutan pinus cagar alam Patenggang yang asri dan sejuk.

    Pengunjung dapat menikmati keindahan panorama alam di sekeliling danau dengan speed boat, perahu dayung warna-warni, sepeda air, dan genjot bebek yang disewakan. Di sekitar Situ Patenggang, terdapat jajaran kios pedagang yang menyediakan jajanan khas ciwidey seperti strawbery dan terdapat berbagai fasilitas lainnya seperti area parkir, mushola,  MCK dan rumah makan.

     

    Kawasan Situ Patenggang terletak di Desa Patenggang, Kecamatan Rancabali Kab. Bandung, kawasan ini berjarak sekitar 47 KM ke arah selatan dari pusat Kota Bandung. Dari Bandung, pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dapat langsung menuju kawasan Situ Patenggang melewati Kota Ciwidey, bagi pengunjung yang menggunakan angkutan umum, bisa menggunakan dua alternatif angkutan dari Terminal Bus Leuwipanjang Bandung, yaitu naik Bus jurusan Bandung-Ciwideyatau naik angkutan kota sampai terminal Ciwidey, dari terminal Ciwidey naik angkutan pedesaaan ke Kawasan Situ Patenggang.

    Untuk masuk kawasan Situ Patenggang, para pengunjung hanya dikenakan biaya tiket Rp.4000,- per orang. Apabila yang menggunakan kendaraan pribadi dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.10.000,- untuk setiap mobil.

    Peta Lokasi