Dinkes Kabupaten Bekasi Siapkan Layanan Kesehatan Selama MTQ ke-38 Jawa Barat

Diterbitkan

Selasa, 23 April 2024

Penulis

Diskominfo Kab. Bekasi

|

Diskominfo Kab. Bekasi

446 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. BEKASI - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi menurunkan tim kesehatan selama perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Jawa Barat ke- 38 yang akan dilaksanakan pada 27 April hingga 5 Mei 2024 nanti.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr. Alamsyah memastikan, pelayanan kesehatan bagi para peserta MTQ dan masyarakat yang hadir bisa berjalan optimal.  

“Kami standby 24 jam. Sarana prasarana sudah kita siapkan baik itu yang bergerak maupun tidak bergerak. Dari Dinas kesehatan provinsi membackup kami dengan obat- obatan,” ucapnya (20/4/2024).

Alamsyah mengatakan, pada pelaksanaan MTQ ke-38 Jawa Barat, pihaknya akan menerjunkan petugas kesehatan mulai dari Jajaran Dinkes Kabupaten Bekasi, hingga tim Puskesmas. Bahkan guna memaksimalkan pelayanan, dinkes Kabupaten Bekasi juga menggandeng RS Swasta.

“Selain Dinas Kesehatan Provinsi, ada dari PMI kemudian rumah sakit swasta dan Puskesmas dan kami juga menggandeng, RS swasta dan Klinik Swasta yang ada di Kabupaten Bekasi,” katanya.

Secara teknis, Alamsyah menyampaikan, tiga induk Posko Utama MTQ disiapkan selama perhelatan MTQ. Untuk posko induk, yakni Puskesmas Pemda, Komplek Pemda, Kecamatan Cikarang Pusat. Berikutnya posko kesehatan Graha Pariwisata dan GOR Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur. Lalu tambahan posko kesehatan di Hotel Nuanza Kecamatan Cikarang Selatan. 

“Yang lainnya, akan ada LO yang akan membantu kontingen. Kawan-kawan dari 26 kabupaten/ kota yang lain. Itu kami arahkan di bawah koordinasi seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Bekasi,” terangnya.

Selain itu pihaknya juga sudah menyiapkan rumah sakit rujukan yang berdekatan dengan venue perlombaan. 

Adapun rumah sakit rujukan yang disiapkan yakni RS Mitra Keluarga, Kecamatan Cikarang Pusat, Rumah Sakit TMC, RS Medirosa dan RS Metro Hospital, Cikarang Timur.

“Pada prinsipnya secara teknis, kami siap. Mudah-mudahan berjalan dengan baik. Dari sisi kesehatan, mudah- mudahan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Bagi seluruh kafilah MTQ ke-38 Jawa Barat, Alamsyah menginformasikan, bahwa ada satu nomor khusus yang bisa diakses dan akan disampaikan pada, pemberitahuan selanjutnya. (Diskominfo Kab. Bekasi/Fauziah)

Editor: Fauzia Ismi

Berita Terkait