Kafilah MTQ ke-38 Jawa Barat Lakukan Registrasi di Gedung Wibawamukti

Diterbitkan

Senin, 29 April 2024

Penulis

Diskominfo Kab. Bekasi

|

Diskominfo Kab. Bekasi

1,6 rb kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. BEKASI -  Para kafilah dari berbagai kabupaten/kota se-Jawa Barat mulai berdatangan ke Kabupaten Bekasi untuk mengikuti Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Jawa Barat pada 27 April-4 Mei 2024. 

Para kafilah yang datang dapat langsung melakukan daftar ulang di Sekretariat Panitia MTQ ke-38 Jabar di Gedung Swatantra Wibawamukti Komplek Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Bekasi, Cikarang Pusat, Sabtu (27/4/2024). 

"Ya, pendaftaran ulang ini dimulai dari jam 10.00 WIB sampai dengan selesai, diharapkan untuk seluruh kafilah dapat melakukan registrasi ulang dan sifatnya wajib dilakukan, karena untuk mendeteksi apakah benar peserta itu berasal dari kotanya masing-masing," kata  Tim IT Provinsi Jawa Barat, Ariel Daffa Rais. 

Ariel mengatakan, syarat dalam melakukan registrasi ulang, masing-masing peserta harus membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK) yang penginputannya didampingi langsung oleh tim IT Provinsi Jawa Barat

"Tujuan pendampingan ini untuk mempermudah dan menyakinkan bahwa para kafilah sudah terdaftar, salah satunya dengan cara penginputan data dan dilakukannya sidik jari," ujarnya. 

Salah seorang peserta dari Kafilah Kabupaten Indramayu, Umu Kulsum, yang mengikuti Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Quran menyampaikan terkait kesiapan dalam menghadapi MTQ ke-38 Jawa Barat di Kabupaten Bekasi. 

Menurutnya, ia telah mengikuti pembinaan dan pemantapan materi sebelum Ramadan sampai dengan seminggu sebelum pelaksanaan MTQ Jawa Barat. 

"Harapan terbesar dari saya adalah dapat mengharumkan nama Kabupaten Indramayu sekaligus dapat mencapai puncak prestasi tertinggi dalam pagelaran MTQ ini," ujarnya, saat ditemui di Gedung Wibawamukti. 

Sementara itu, perwakilan Kafilah Kabupaten Cirebon, Didin Fahrudin mengatakan, pihaknya sangat antusias untuk meraih prestasi terbaik pada MTQ ke-38 Jawa Barat. 

"Ya, Kafilah Kabupaten Cirebon saat ini menurukan sebanyak 49 peserta yang akan diturunkan di berbagai cabang perlombaan MTQ Jawa Barat," ucapnya. 

Humas Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Cirebon, Didin mengaku kafilahnya sudah melakukan persiapan dengan mengikuti pembinaan sejak beberapa bulan lalu hingga 25 April 2024 

"Di antaranya dengan melakukan pemantapan materi yaitu dengan cara melakukan pembinaan sebanyak 3 tahapan," ujarnya. 

Ia menuturkan, Kafilah Kabupaten Cirebon memiliki cabang yang diunggulkan seperti Cabang Tafsir. Namun untuk MTQ tahun ini pihaknya berharap dapat meraih prestasi bukan hanya di Cabang Tafsir saja tapi di cabang lainnya. 

"Agar para peserta tidak mengalami demam panggung, di setiap pembinaan kami menekankan dalam memberikan motivasi bertanding, karena secara kemampuan insya allah untuk Kabupaten Cirebon sebetulnya sudah sangat mumpuni apalagi di cabang tafsir, kita sering dapat prestasi," ujarnya. (Diskominfo Kab. Bekasi/Revo)

Editor: Revo

Berita Terkait