FKPQ Kabupaten Garut Gelar Festival Pendidikan Al Qur'an Pertama di Kabupaten Garut

Diterbitkan

Minggu, 5 Mei 2024

Penulis

Rilis Humas Pemdakab Garut

|

Rilis Humas Pemdakab Garut

61 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. GARUT -  Forum Komunikasi Pendidikan Al Qur'an (FKPQ) Kabupaten Garut menggelar Festival Pendidikan Al Qur'an ke-1 se-Kabupaten Garut Tahun 2024 yang berlangsung di Kampus Pendidikan Yayasan Assanusiyah Aly Mintarsih, Kampung Ciparay, Desa Tanjungsari, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Sabtu (4/5/2024). 

Acara ini dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) dr. Maskut Farid, dengan mengusung tema "Berlomba-lomba dalam Kebaikan Wujudkan Generasi Rabbani Berjiwa Qur'ani".

dr. Maskut memandang kegiatan ini sangat bagus dan pihaknya selaku pemerintah daerah akan selalu mendukung pelaksanaan kegiatan seperti ini, sesuai dengan visi Kabupaten Garut yaitu Garut yang bertaqwa, maju, dan sejahtera.

"Dan ini diselenggarakan oleh FKPQ yang merupakan organisasi di bawah Kemenag ya, jadi memang pemerintah daerah harus kerjasama dengan Kemenag untuk bagaimana mewujudkan Garut yang bertaqwa, itu yang mungkin penting karena Kemenag kan punya banyak SDM ya, punya banyak lembaga," ucapnya.

Ia mengatakan, kegiatan keagamaan seperti ini harus terus didorong sebagai upaya pemberian motivasi kepada anak didik maupun orang tua agar anak-anaknya dapat lebih memahami tentang hal keagamaan salah satunya yaitu Al Qur'an.

"Nah ini kalau makin sering ada acara-acara seperti ini insha Allah akan makin lebih menyebar, dan juga mungkin gaungnya positif buat masyarakat," lanjutnya.

Terakhir, ia berharap melalui kegiatan ini anak-anak yang masih di usia dini dapat diperkenalkan mengenai pentingnya mengenal Al Qur'an sebagai sebuah pedoman hidup.

"Yang penting adalah bagaimana anak-anak ini di usia dini mulai diperkenalkan Al Qur'an, karena buat umat Islam Al Qur'an inilah yang sangat penting dan segala-galanya buat kita," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD FKPQ Kabupaten Garut K.H Undang Ahmad Sobar menyampaikan, saat ini Lembaga Pendidikan Al-Qur'an (LPQ) di Kabupaten Garut berjumlah sekitar 600. Ia juga mengatakan, Festival Pendidikan Al Qur'an ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di Kabupaten Garut, diikuti 200 peserta, sebagai persiapan pelaksanaan Festival Pendidikan Al Qur'an di Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Dalam festival ini diperlombakan, yaitu Lomba Mewarnai, Lomba Doa Harian, Lomba Adzan Tingkat, Lomba Asmaul Husna, Lomba Tahfidz Juz Amma, Lomba Cerdas Cermat, Lomba Pidato, Lomba MTQ, Syahril Qur'an, dan Lomba Tahfidz Al Qur'an. Acara ini diselenggarakan selama 3 hari mulai dari Sabtu, 4 Mei 2024 hingga Senin, 6 Mei 2024.

Editor: Admin

Berita Terkait