MTQ ke-38 Jabar di Kabupaten Bekasi Jadi Barometer dan Penuhi Standar Nasional

Diterbitkan

Minggu, 5 Mei 2024

Penulis

Diskominfo Kab. Bekasi

|

Diskominfo Kab. Bekasi

112 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. BEKASI - Ketua Koordinator Pengawas Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke -38 Provinsi Jawa Barat, Zaenal Abidin megakui persaingan tiap khalifah pada final di tiap cabang berlangsung kompetitif.

Kondisi ini membuktikan suksesnya pelatihan di tiap Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) di tiap daerah se-Jawa Barat. Bahkan, melihat pertandingan selama sepekan, kafilah tiap daerah berkembang pesat.

“Saya berharap pasca MTQ -38 Jabar yang dilaksanakan di Kabupaten Bekasi ini. Pembinaan dan pelatihan dilakukan secara terus menerus,” kata Zaenal (4/5/2024).  

Adapun pendekatan dalam pelatihan yang bisa dilakukan yakni dengan pendekatan langsung dan pendekatan aplikasi digital.  

“Mereka peserta itu, meski tidak berhadapan dengan pembina langsung tapi bisa dengan sistem digital, atau aplikasi yang bisa mereka ikuti,” imbuhnya.

Ia menambahkan, suksesi pelaksanaan MTQ -38 Jawa Barat yang dilaksanakan di Kabupaten Bekasi menjadi barometer. 

Baginya, event MTQ tahun ini sudah memenuhi standar Nasional. Artinya, menjadi gambaran bagi setiap kafilah, untuk bisa tampil maksimal saat nanti masuk pada tingkat Nasional.

“Dimana MTQ ke-38 Jawa Barat menjadi ukuran utama untuk menyeleksi kafilah yang nanti akan diturunkan pada MTQ tingkat Nasional,” katanya.

Dari segi pelayanan kesehatan juga, kata Zaenal, sangat maksimal. Hal ini menjadi nilai plus, karena dari sisi kafilah, juga secara aspek kesehatan semua sehat dan tidak ada yang mengalami kendala penurunan kesehatan saat bertanding.

“Belum ada terdengar, adanya keluhan kesehatan. Peserta sakit, atau lainnya. Artinya dari sisi pelayanan jasmani dan kebersihan,” lanjutnya.

Selanjutnya berkaitan dengan Jawa Barat kembali juara di tingkat Nasional, MTQ ke -38 di Kabupaten Bekasi menjadi penentu capaian hasil maksimal di tingkat Nasional. 

Penempatan Dewan Hakim dan Pengawas, memenuhi standar Nasional, sehingga Dewan Hakim, dan pengawas memberikan pengaruh psikologis pada tiap peserta.

“Penyelenggaraan MTQ tingkat Jawa Barat di Kabupaten Bekasi, dengan fasilitas yang memadai, ini sudah level nasional,” ujarnya. (Diskominfo Kab. Bekasi/Fauziah)

Editor: Fauziah Ismi

Berita Terkait