2024 DBMPR Jabar Akan Realisasikan 154 Peket Pengerjaan Jalan dan Jembatan

Diterbitkan

Selasa, 27 Februari 2024

Penulis

Rep Pun

|

Rep Pun

659 kali

Berita ini dilihat

4 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KOTA BANDUNG -  Di tahun 2024, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar akan mengerjakan 154 peket pengerjaan jalan dan jembatan, dengan total panjang 260 KM dan anggaran sekitar Rp 633 milyar. Hal itu diungkapkan Kepala DBMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono, dalam  Forum OPD DBMPR Jabar 2024 di Soreang Kabupaten Bandung, Selasa (27/2/2024). Menurut Bambang jenis pengerjaan tersebut ada yang berupa perbaikan dan pemelihraan, peningkatan kemantapan jalan dan perbaikan serta pembuatan jembatan.

"Itu tersebar di seluruh Jabar sesuai juga dengan usulan dari daerah juga, ada yang berupa jalan provinsi dan kabupaten kota," katanya.

Dalam kesempatan itu Bambang juga mengungkapkan kendala yang dihadapi masalah keterbatasan anggaran, terlebih dengan adanya peraturan baru dari pemerintah pusat yang mengalihkan kewenangan pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dari provinsi ke kabupaten kota.

"Dengan demikian, Jabar berpotensi akan kehilangan pendapatan hingga 6 triliun rupiah. Oleh sebab itu dana perimbangan ke kabupaten kota juga diprediksi akan berkurang," ungkapnya.

Namun Bambang meyakini dengan kolaborasi dan inovasi pusat dan derah, berbagai permasalahan bisa ditanggulangi.

Tahun 2023 lalu, Jabar sendiri sudah nenyelesaikan perbaikan jalan sepanjang 364 KM dan 11 jembatan sdh diperbaiki dan 11 jembatan. Dari total jalan provinsi sepanjang 2.362 KM juga rutin dilakukan pemeliharaan, sehingga angka jemantapan jalan Provinsi Jabar mencapai 83,90%.

Dalam laporan kegiatan, Sekretaris DBMPR Jabar Aris Budiman menyampaikan, Forum OPD DBMPR Jabar 2024 adalah forum komunikasi kebina margaan dan tata ruang anatara pemerintah provinsi dan kabuoaten kota.

"Oleh karenanya, Forum OPD ini tidak hanya dihadiri oleh DBMPR Jabar, tetapi juga oleh dinas terkait di kabupaten kota se-Jabar, untuk mensinkronkan rencana kerja tahun 2025 mendatang," kata Aris.

Dalam acara tersebut selain diadakan penandatanganan rencana kerja antara pemerintah provinsi dan kabupaten kota, juga diisi dengan talkshow yang menghadirkan narasumber dari Kementerian PUPR dengan tema 'Strategi Percepatan Penanganan Jalan dan Jembatan Serta Penguatan Aspek Penataan Ruang dan Jasa Konstruksi di Jawa Barat Melalui Kolaborasi Pemerintah Pudat dan Daerah. (pun)

Editor: Upi

Berita Terkait