28 ODGJ Pascarawat RSJMM Dapatkan Vaksinasi COVID-19 dan Santunan

Diterbitkan

Selasa, 24 Mei 2022

Penulis

vick

|

vick

717 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

Kab. Majalengka --- 28 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dari Kabupaten Majalengka yang sudah pulih setelah menjalani perawatan dan pengobatan selama tiga minggu lebih di RSJ. Dr. H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor, mendapatkan vaksinasi COVID-19 dari Dinkes Majalengka dan santukan sebesar 28 juta dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Majalengka dengan nominal masing-masing sebesar satu juta rupiah.

Kegiatan pelayanan kesehatan jiwa masyarakat dan serah terima ODGJ Pascarawat RSJMM ke Majalengka ini digelar di  Halaman Dinkes Majalengka (16/6/2021), dihadiri oleh perwakilan dari Dinkes, Dinsos, DPMD, Disnaker Kop dan UKM, BPJS,  camat, Kepala Puskesmas serta keluarga penyintas ODGJ.

Sekretaris Dinkes Majalengka yang sekaligus ketua penyelenggara kegiatan Agus Susanto dalam laporannya menyampaikan, Dinkes Majalengka dengan RSJMJ mencatat terdapat 1718 ODGJ sebagai sasaran pelayanan, 1442 ODGJ diantaranya telah ditemukan dan mendapat pelayanan kesehatan jiwa di tingkat Puskesmas maupun rumah sakit umum, serta terdapat 133 ODGJ berat yang telah melakukan pemeriksaan dan evakuasi massal dalam empat periode.

Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM Bogor Iyep Yudiana menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama yang telah dilakukan selama ini.

"Kami menyerahkan kembali 28 ODGJ dengan rincian, ada 2 ODGJ masih menjalani perawatan di RSJMM, 2 ODGJ langsung menjalani rehabilitasi di Balai Phalamarta Kemensos RI di Sukabumi dan 24 ODGJ yang dibawa, kami serahkan kembali ke Pemda Majalengka melalui Dinkes, Puskesmas dan Keluarga ODGJ,” tutur Iyep.

Sementara, Harizal F Harahap sebagai Kepala Dinkes Majalengka juga mengucapkan terimakasih kepada RSJMM atas kerjasama yang telah dilakukan, Dinkes Majalengka dapat melakukan  menerima kembali 24 ODGJ pascarawat yang berasal dari 15 kecamatan dan 17 Puskesmas, 

"Terimakasih kami ucapkan kepada Direksi dan Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM Bogor , yang telah mengevakuasi, merawat dan mengobati ODGJ Berat Majalengka, dan berharap tidak sampai periode ini saja, tapi berlanjut ke periode berikutnya", tutur Kadinkes.

Pada kesempatan tersebut, 3 ODGJ pascarawat RSJMM turut dihadirkan untuk memberikan pengalamannya selama menjalani perawatan dan pengobatan di RSJMM dan juga menerima santunan secara simbolis dari Baznas Majalengka.

Ketua Baznas Majalengka Agus Yadi Ismail menjelaskan santunan yang diserahkan kepada 28 ODGJ pascarawat RSJMM merupakan infak dan sedekah dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Majalengka yang dikumpulkan dan disalurkan melalui Baznas Majalengka.

Dalam kesempatan tersebut tim vaksinator COVID-19 Dinkes Majalengka langsung bergerak melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap 24 ODGJ pascarawat RSJMM. Di akhir acara semua peserta yang hadir bersepakat meneriakan semangat, "Majalengka Bebas Pasung Tahun 2021 dan Majalengka Sehat Jiwa, Pulih, Produktif dan Mandiri"

Editor : Fauziah Ismi 

Editor: vick

Berita Terkait