Berbasis Online, PPDB Tingkat SMPN di Kabupaten Bogor Rampung Dilaksanakan

Diterbitkan

Rabu, 12 Juli 2023

Penulis

Diskominfo Kabupaten Bogor

|

Diskominfo Kabupaten Bogor

1,2 rb kali

Berita ini dilihat

2 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. BOGOR - Memasuki tahun ajaran baru , proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online di seluruh Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Bogor telah rampung dilaksanakan. Salah satunya proses PPDB di SMPN 1 Ciawi Kabupaten Bogor yang berlangsung sejak 3-10 Juli 2023 telah selesai dilaksanakan.
 
Proses PPDB di Kabupaten Bogor tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Jawa Barat Nomor : 400.3.1/352-Disdik tentang pedoman pelaksanaan PPDB pada Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Pendidikan Non Formal Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2023/2024.
 
Proses PPDB online yang dilakukan oleh pihak SMPN 1 Ciawi Kabupaten Bogor dimulai sejak 3-10 Juli 2023, dengan mengedepankan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada. 3-6 Juli 2023 pendaftaran online dan verifikasi data, 10 Juli 2023 pengumuman dan 11-14 Juli 2023 daftar ulang.
 
Ada lima jalur PPDB di SMPN 1 Ciawi yaitu jalur zonasi, afirmasi, prestasi akademik dan non akademik, perpindahan orang tua, dan nilai rata-rata raport. Dengan rincian jalur zonasi sebanyak 50%, afirmasi 20%, prestasi 25% dan perpindahan orang tua 5%.
 
Informasi terkait PPDB online di SMPN 1 Ciawi dilakukan secara terbuka dan transparan, mulai dari pendaftaran, hasil verifikasi hingga pengumuman hasil seleksi PPDB melalui laman: ppdb.smpn1ciawibogor.sch.id, banner, dan surat resmi dari pihak sekolah.
 
Kepala Sekolah SMPN 1 Ciawi, Ermaini menjelaskan, proses PPDB di SMPN 1 Ciawi dilakukan secara online dengan terbuka melalui tautan yang disediakan di laman agar mudah diakses oleh calon pendaftar. Dengan melibatkan tim panitia PPDB online yang dilengkapi dengan Surat Keputusan (SK) Kepanitiaan dari pihak sekolah.
 
“Verifikasi data dilakukan dengan selektif oleh tim panitia PPDB yang telah di SK-kan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing agar proses PPDB online ini bisa dilakukan dengan baik dan profesional,” ungkapnya.
 
Menurutnya, proses PPDB online dilaksanakan dengan matang bahkan jauh sebelum PPDB online dibuka. Salah satunya sosialisasi secara luring dengan sejumlah sekolah terdekat baik SD dan MI yang ada di lingkup Kecamatan Ciawi. Untuk menyampaikan Petunjuk Teknis (Juknis) informasi pelaksanaan PPDB online, syarat, aturan masuk ke SMPN 1 Ciawi, hingga waktu pelaksanaan PPDB online.
 
“Kami undang para guru kelas 6 untuk menyampaikan juknis secara detail, kami juga buat forum secara daring hingga publikasi informasi di laman dan banner. Ini kami lakukan agar proses PPDB bisa transparan dan objektif,”ucapnya.
 
Beredarnya isu dugaan pungli pelaksanaan PPDB Online di SMPN 1 Ciawi, Kepala Sekolah SMPN 1 Ciawi, Ermaini menyatakan, informasi tersebut tidak benar. Meski demikian pihaknya akan terus melakukan penelusuran informasi lebih dalam, untuk meminimalisasi terjadinya tindakan yang melanggar aturan.
 
“Karena sejak awal kami melarang keras ke seluruh panitia PPDB untuk menerima pemberian dalam bentuk apapun. Komitmen kami dalam proses PPDB Online ini tidak boleh ada pungutan apapun,” imbuhnya.
 
Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik Kabupaten Bogor, Hendarsah mengungkapkan, pra 10 minggu pelaksanaan PPDB umum di Kabupaten Bogor pembinaan senantiasa dilakukan oleh Pemdakab Bogor melalui Dinas Pendidikan ke seluruh sekolah yang akan melaksanakan kegiatan PPDB online di Kabupaten Bogor.
 
“Ini kami lakukan agar pelaksanaan PPDB di Kabupaten Bogor bisa dilaksanakan sesuai aturan yang ada, berjalan dengan lancar dan menghindari terjadinya penyimpangan,” katanya.
 
Lanjut Hendarsyah, pihak Dinas Pendidikan telah mengimbau kepada seluruh kepala sekolah untuk menjalankan pelaksanaan PPDB sesuai dengan juknis yang berlaku.

“Kami bersama selalu memantau agar pelaksanaannya sukses, tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, sehingga jika terjadi pelanggaran kami bisa segera menindaknya dengan tegas,” imbuhnya. 

Editor: (rdp*)

Berita Terkait