Bupati Garut Sambut Baik Kehadiran Program ICARE di Kabupaten Garut

Diterbitkan

Rabu, 31 Mei 2023

Penulis

Diskominfo Garut

|

Diskominfo Garut

1 rb kali

Berita ini dilihat

3 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. GARUT - Bupati Garut Rudy Gunawan menerima kunjungan kerja dari Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Jawa Barat, Rustan Massinai, beserta rombongan, di Ruang Pamengkang, Kabupaten Garut, Selasa (30/3/2023). Kedatangan BSIP ke Kabupaten Garut ini dalam rangka Sosialisasi dan Koordinasi Program ICARE (Integrated Corporation of Agricultural Resources).

Bupati Garut menyambut baik rencana pelaksanaan program ICARE yang akan dilakukan oleh BSIP Jawa Barat di Kabupaten Garut, terlebih jika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Garut 38%-nya berada di sektor pertanian.

"ICARE ini hadir di Kabupaten Garut, (terlebih) kita ingin memperkuat sektor pertanian, (sehingga) PDRBnya meningkat tajam," ujarnya.

Kepala BSIP Jawa Barat Rustan Massinai menuturkan, Program ICARE ini adalah kawasan pertanian berstandar yang hanya ada di sembilan provinsi di Indonesia, termasuk salah satunya hadir di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat.

ICARE ini, imbuh Rustan, bertujuan untuk mendukung pengelolaan kawasan dan rantai nilai komoditas pertanian yang berkelanjutan dan inklusif. Selain itu, ICARE juga mengarah pada modernisasi, digitalisasi, dan adopsi konsep pertanian modern dan digital di tingkat petani.

"Jadi ini adalah langkah yang sangat perlu memang bersinergi ke depan, karena dananya juga tidak sedikit," tuturnya.

Siaran pers BSIP Jawa Barat, menyebutkan, rencananya Program ICARE di Jawa Barat akan dilaksanakan di 5 kecamatan di Kabupaten Garut yaitu di Kecamatan Cisurupan, Cikajang, Pasirwangi, Sukaresmi, dan Cigedug, dengan membawa dua komoditas unggulan yakni kentang seluas 1.000 hektare dan domba. 

Selain itu, dalam kesempatan ini juga dilakukan pengesahan data petani dan lokasi peserta Program ICARE di Kabupaten Garut yaitu 1.663 petani dan 2.445 peternak. 

Editor: (rdp*)

Berita Terkait