Cabor Pencak Silat Pertahankan Tradisi Raih Emas di Porprov Jabar

Diterbitkan

Jumat, 18 November 2022

Penulis

(Diskominfo Garut/Fauziah Ismi)

|

(Diskominfo Garut/Fauziah Ismi)

255 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. GARUT - Atlet Pencak Silat Kabupaten Garut berhasil mendapatkan dua medali emas dan 2 medali perunggu dalam lanjutan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat (Jabar) XIV Tahun 2022. Hal ini disampaikan langsung oleh Humas Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Garut, Agus Barkah, melalui pesan singkat Whatsapp, Kamis (17/11/2022).

Agus memaparkan raihan emas yang didapat Cabor Pencak Silat menjadi bukti tersendiri jika pencak silat mampu mempertahankan tradisi merengkuh medali emas dalam setiap pelaksanaan Porprov Jabar.

"Perolehan (emas) ini sekaligus juga membuktikan bahwa Garut mampu mempertahankan tradisi untuk mendapatkan medali emas, dari cabang olahraga yang memang setiap Porprov selalu menjadi langganan untuk memberikan kontribusi emas, kedua emas ini dipersembahkan dari para atlet ganda putri dan beregu putra, dan lalu juga dari pencak silat tidak hanya medali emas tetapi juga ada dua medali perunggu yang dihasilkan dari tunggal putra dan beregu putri ya," papar pria yang akrab disapa Abar ini. 

Selain cabor pencak silat, ada 2 cabor lain yang diikuti oleh kontingen Kabupaten Garut yang berhasil menambah pundi-pundi medali pada perhelatan Porprov Jabar XIV Tahun 2022. 2 cabor tadi yakni gulat yang mampu meraih 1 perunggu dan renang indah yang juga mampu merengkuh satu medali perunggu.

Sehingga sampai hari Kamis 17 November 2022 pukul 18.30 WIB, Kabupaten Garut berhasil meraih 21 medali emas, 23 perak, dan 34 perunggu dengan berada diperingkat ke-11 dalam klasemen sementara perolehan medali pada Porprov Jabar XIV Tahun 2022.

"Posisi ini sebenarnya adalah posisi yang cukup baik kalau kita bandingkan dengan Porprov sebelumnya tahun 2018, di mana Garut pada waktu itu menempati peringkat ke-19 dengan perolehan 11 emas, artinya ada peningkatan yang cukup signifikan 100 persen perolehan medali (emas), meskipun memang dalam kondisi yang serba kekurangan," katanya.

Untuk hari besok tepatnya di hari Jum'at (18/11/2022), masih ada beberapa cabor yang berpotensi meraih medali emas seperti salah satunya yakni di cabor arung jeram.

"Diantaranya di arung jeram, lalu juga di renang indah, dan juga di balap sepeda, dan juga cabor silat barang kali ya, dan kita berdoa ya cabor-cabor yang masih bertanding di esok hari, mendapatkan kemudahan dan dapat memberikan prestasi yang terbaik," jelasnya. 

Editor: admin

Berita Terkait