Di Masa Libur Idulfitri 1443 H, Pemdakab Garut Pastikan Beberapa Pelayanan Publik Tetap Buka

Diterbitkan

Jumat, 3 Juni 2022

Penulis

admin

|

admin

355 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

Kab. Garut --- Pemerintah Pusat secara resmi menetapkan tanggal 29 April 2022 dan 4-6 Mei 2022 sebagai jadwal cuti bersama dalam rangka hari raya Idulfitri 1443 hijriah. Meski berada dalam jadwal cuti bersama, beberapa pelayanan publik, seperti pelayanan kesehatan serta pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di Garut tetap buka guna memastikan pemberian pelayanan terbaik kepada masyarakat di masa libur Lebaran tahun ini tetap dilakukan.

Rudy juga mencontohkan, di momen hari libur ini, fasilitas kesehatan yang ada di Garut khususnya Puskesmas, selalu siap melayani vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat.

"Kami persilakan kalau ada yang mau divaksin silakan divaksin, Puskesmas siap untuk memberikan vaksin dosis satu, dosis dia, juga booster. Ayo datang ke puskesmas, kami akan memberikan pelayanan," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian  Tata Usaha (Kabag TU) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut, Adang Mesa, menuturkan, pelayanan RSUD dr. Slamet Garut selama hari libur kemarin berjalan sesuai dengan yang ditetapkan dan dipersiapkan sejak awal.

"Untuk menghadapi lonjakan-lonjakan jumlah pasien kita sudah siapkan pertama dari persiapan SDM kita persiapkan (seperti) ada penambahan jumlah dokter yang jaga, kemudian ada penambahan perawat jaga, kemudian ada penambahan untuk penunjang pelayanan seperti untuk mendorong (bed/kursi roda) pasien, untuk security dan seterusnya kita sudah siap antisipasi dan sudah kita siapkan," tutur Adang.

Untuk sementara waktu, imbuh Adang, pelayanan poliklinik tutup sampai hari Sabtu. Meskipun begitu, pihaknya tetap melayani pasien kegawatdaruratan dan bisa datang langsung ke instalasi gawat darurat (IGD) RSUD dr. Slamet Garut.

"Kita RSUD dr. Slamet Garut siap melayani seluruh pelayanan kesehatan bagi masyarakat, baik poliklinik maupun IGD, (untuk poliklinik), mulai hari Seninlah efektif. Tapi kalau IGDkan tetep (buka) 24 jam, tapi kalau poliklinik akan efektif berjalan mulai hari Senin mulai tanggal 9 Mei 2022," imbuhnya.

Berkaitan dengan pelayanan kependudukan, seperti dituturkan bupati,  di masa libur hari Idulfitri 1443 hijriah ni, Pemdakab Garut melalui Disdukcapil juga memberikan pelayanan bagi masyarakat yang memerlukan dokumen kependudukan seperti pencetakan KTP, KK, dan lain sebagainya.

"Juga selama musim libur ini Disdukcapil juga memberikan pelayanan, dan pelayanan itu diberikan di Kantor Disdukcapil di Kantor Pemerintah Kabupaten Garut," kata Rudy.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Garut, Pepi Tresnawati, menambahkan, pihaknya telah membuat  jadwal piket selama libur cuti bersama Idulfitri tahun ini guna memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukannya.

"Selama (cuti bersama) kami membuat jadwal piket pada tanggal 29 April dilanjutkan pada tanggal 4,5,6 Mei. Nah selama 4 hari itu kami tetap melayani kepada warga yang datang, merekakan (di hari) libur ini banyak yang mudik ke Garut, itu merupakan kesempatan bagi mereka untuk mengurus dokumen kependudukannya, sehingga mereka dapat mengurusnya secara langsung ke dinas kependudukan," ungkap Pepi.

Selain dilaksanakan di Disdukcapil, lanjut Pepi, pihaknya juga menyelenggarakan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil di 42 kantor kecamatan yang ada di Kabupaten Garut.

Pelayanan di Kantor Disdukcapil Garut sendiri selama Mada cuti lebaran telah  menerbitkan kurang lebih 41 keping KTP, 139 lembar KK, 3 surat keterangan pindah warga negara Indonesia, dan 1 surat kedatangan.

"Untuk sekarang hari ini tanggal 6 hari terakhir kami piket, sampai jam sekarang  (pukul 10.00 wib) kami sudah menerbitkan 8 keping KTP karena ada pemudik yang rekam KTP,  ada yang kehilangan KTP,  mereka datang di Disdukcapil pagi pagi sekali, dan alhamdulillah sudah selesai kami layani," jelasnya.

Bupati Garut sendiri memberikan apresiasi serta ungkapan terima kasihnya kepada semua pihak yang tetap melayani masyarakat, walaupun di hari libur khususnya dijadwal cuti bersama.

"Terimakasih kepada semua pihak, kepada pegawai Puskesmas yang memberikan pelayanan tetap di hari libur, terimakasih Garut memang oke," jelasnya (Humaspemkabgarut/FAU*)

Editor: admin

Berita Terkait