GPR Widget

Kemenkominfo Gelar Diskusi Publik dalam Rangka Peningkatan Jiwa Nasionalisme Pemuda Garut

Diterbitkan

Jumat, 5 Agustus 2022

Penulis

Humaspemkabgarut

|

Humaspemkabgarut

11 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. GARUT - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia (RI) menggelar acara Diskusi Publik Bincang Teras Negeriku bertema "Muda Toleran Produktif", yang dilaksanakan di Aula Universitas Garut (UNIGA), Kamis (4/8/2022).

Acara ini menghadirkan beberapa narsumber seperti Koordinator Informasi dan Komunikasi Pertahanan Keamanan (IK Hankam) Kemenkominfo RI Dikdik Sadaka, Ketua Umum Jabar Bergerak Zillenial (JBZ) Nadzrizal Habib, dan Influencer An An Aminah.

Koordinator IK Hankam Kemenkominfo RI Dikdik Sadaka, mengungkapkan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka sosialisasi terkait dengan peningkatan jiwa nasionalisme serta literasi media sosial di kalangan masyarakat khususnya mahasiswa.

"Saya khususnya di Direktorat IK Hankam, kita masuk ke dalam tim satgas penanggulangan radikalisme dan terorisme, dan kegiatan ini sebenarnya dalam rangka kegiatan satgas yang dilakukan oleh Kominfo, kita melakukan kerja sama dengan BNPT serta instansi lainnya, dan kita melakukan kegiatan sosialisasi untuk (penanggulangan) penyebaran paham-paham radikalisme," katanya.

Ia mengatakan, output yang diharapkan dari kegiatan ini, masyarakat semakin paham mengenai tema yang diambil, khsususnya dalam hal toleransi. 

"Kiita tidak menyampaikan dalam bahasa vulgar tentang radikalisme atau terorisme gitu ya, tapi kita lebih mengarah kepada sumber-sumber radikal itu seperti apa, toleransi salah satunya, nah itu yang kita bangun di kalangan generasi muda agar mereka memiliki jiwa toleransi yang sangat tinggi," ujarnya.

Ia berharap melalui forum diskusi publik ini, masyarakat Garut khususnya peserta yang hadir dalam acara ini, bisa semakin hidup toleran.

Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Yeni Yunita mengatakan, pihaknya mengapresiasi penyelenggaraan acara yang digelar oleh Kemenkominfo di Kabupaten Garut ini, terlebih, tema yang diambil terkait dengan muda, toleransi, dan produktif.

"Kami juga berterima kasih kepada Kemenkominfo karena memilih Kabupaten Garut sebagai lokasi acara, dan berbagi ilmu kepada pemuda-pemuda yang ada di Kabupaten Garut, khususnya yang ada di Universitas Garut," ucapnya.

Yeni berharap para peserta mampu mengimplementasikan hal-hal positif yang disampaikan oleh narasumber, khususnya dalam menyongsong kehidupan pemuda yang toleran dan produktif.

Salah seorang peserta mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Informasi (FKominfo) Uniga Winda Wulandari mengatakan, acara ini sangat bermanfaat, sehingga dirinya sebagai generasi muda bisa tahu bahwa pemuda harus bertoleransi dan produktif di dunia digital ini.

"(Melalui acara ini) kita bisa tahu bagaimana mengaplikasikan atau kita bisa menggunakan media sosial dengan bijak, bagaimana kita mengatur waktunya, seperti itu. Jadi intinya sebagai generasi muda harus produktif dan harus toleransi," ucapnya.(humaspemkab.Garut/UPI)

Editor: UPI

Berita Terkait