GPR Widget

Kuatkan Peran KIM Di Era Digitalisasi, Untuk Ciptakan Masyarakat Melek Informasi

Diterbitkan

Jumat, 23 September 2022

Penulis

Diskominfo Kabupaten Bogor

|

Diskominfo Kabupaten Bogor

50 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. BOGOR - Setelah terhenti akibat pandemi COVID-19, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor kembali melakukan pembinaan terhadap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Bogor secara tatap muka, yang berlangsung di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor, Kamis (22/9/22).

Hal ini dilakukan sebagai upaya, penguatan, dan pemberdayaan KIM sebagai mitra diseminasi informasi publik Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor.

Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Bayu Ramawanto menerangkan, pembinaan dilakukan guna membantu memberikan informasi, pengetahuan, pengalaman, keterampilan yang bermanfaat kepada seluruh Kelompok Informasi Masyarakat.

“Dengan penguatan dan pemberdayaan KIM ini, kami harap KIM sebagai penyampai informasi dan penyalur aspirasi masyarakat dapat berdaya, mandiri, dan mampu mengatasi permasalahan di masyarakat,” katanya.

Melalui KIM, masyarakat diberdayakan guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan masyarakat agar tidak terjadi kesenjangan informasi. Itulah pentingnya pembinaan KIM sebagai mitra pemerintah dalam melakukan penyebaran informasi, sosialisasi dan diseminasi informasi pembangunan kepada masyarakat. Juga sebagai mediator komunikasi informasi pembangunan secara berkesinambungan.

Menurut Bayu Ramawanto, keberadaan KIM memberikan ruang bagi masyarakat untuk dapat berpartisipasi aktif dalam menambahkan akses informasi. Dalam memenuhi kebutuhan informasi yang cepat, tepat, akurat, dan akuntabel seiring era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi.

“Dengan pembinaan ini, semoga KIM semakin kompak dan solid dalam memberikan informasi kepada pihak-pihak terkait yang membutuhkan informasi, sehingga akan terwujud masyarakat yang aktif, peduli, peka dan melek informasi,” ungkapnya.

Kabid PIKP Kabupaten Bogor, Iwan Setiawan menambahkan, KIM harus bisa menjadi jembatan informasi antara pemerintah pusat, daerah dan masyarakat.

“Serta bisa menjadi wadah atau media informasi masyarakat di wilayah masing-masing” ujarnya.

Perwakilan KIM Cibinong Taufik mengapresiasi Diskominfo Kabupaten Bogor yang telah kembali melakukan kegiatan pembinaan secara tatap muka, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan informasi dan kemampuan diseminasi informasi yang sempat terhenti karena pandemi COVID-19.

“Semoga kegiatan seperti ini bisa sering dan rutin dilakukan, karena sangat bermanfaat selain dapat meningkatkan skill, kemampuan, pengetahuan juga dapat meningkatkan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Bogor, Diskominfo, masyarakat dan sesama KIM,” imbuhnya. (rdp*)

 

Editor: Rdp

Berita Terkait