Kunjungi Wilayah Selatan Garut, Bupati Garut Ikuti Rayagungan Hingga Edukasi Stunting

Diterbitkan

Senin, 3 Juli 2023

Penulis

Diskominfo Garut

|

Diskominfo Garut

481 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. GARUT - Kunjungan Kerja Bupati Garut, Rudy Gunawan ke wilayah selatan Garut diisi dengan acara Rayagungan, pemberian santunan hingga edukasi terkait penanganan stunting. Dua kecamatan yang dikunjunginya yaitu ke Kecamatan Cibalong dan Kecamatan Cisewu, pada Minggu (2/7/2023).

Menurut Bupati Garut rayagungan atau memperingati Bulan Dzulhijjah sudah menjadi tradisi di Kabupaten Garut, selain melaksanakan ibadah kurban.

"Ya saya ke selatan ini pertama dalam rangka rayagungan, dinas-dinas sudah melaksanakan ibadah kurban di dinasnya masing-masing dan memberikan beberapa sembako, kami ini menyiapkan lebih daripada seribu," ucapnya.

Selain itu, imbuh Rudy, kunjungannya kali ini adalah untuk memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai bagaimana cara menggunakan hari libur secara efektif dan efisien.

"Jadi kami setiap ada kerumunan anak-anak dikumpulkan, jadi kami memantau bagaimana hari libur minggu pertama anak-anak SD dan SMP," ucapnya.

Kunjungannya kali ini, sebutnya, dipusatkan di Kecamatan Cisewu, yang merupakan daerah terpencil. Meskipun begitu, ungkap Rudy, masyarakat di Kecamatan Cisewu memiliki kegotongroyongan yang luar biasa.

"Sabarnya juga luar biasa karena  infrastruktur di desa-desa harus diperbaiki secara optimal, jalan-jalan begitu tidak memberikan rasa kebahagiaan bagi masyarakat memang kita harus bekerja keras lagi untuk membangun infrastruktur desa," tuturnya.

Ia berharap, pemimpin Garut ke depannya dapat mendorong pemerintahan desa untuk memperbaiki infrastruktur hingga ke dusun bahkan ke RW yang berdekatan dengan gunung.

"Ya tentu di wilayah selatan saya berharap, mereka juga memiliki mitigasi kebencanaan karena ada longsor, karena ada tebing-tebing," imbuhnya.

Bupati Garut tidak menyia-nyiakan kesempatan dalam menyampaikan edukasi mengenai pencegahan stunting kepada ibu hamil dan ibu menyusui. Ia menyampaikan, anak yang baru lahir wajib disusui oleh ibunya.

"Dan anak yang baru lahir wajib disusui oleh ibunya dengan ASI, yang ketiga segeralah secara rutin memeriksakan kesehatan bagi anak-anak dan janganlah lupa vaksin-vaksin lengkap untuk bayi-bayi kita," katanya. 

Editor: (rdp*)

Berita Terkait