GPR Widget

Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto Hadiri Studium Generale Pasis Seskoau Angkatan ke-59

Diterbitkan

Jumat, 5 Agustus 2022

Penulis

Rilis PenSESKOAU

|

Rilis PenSESKOAU

10 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. BANDUNG BARAT - Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto didampingi Komandan Seskoau (Danseskoau) Marsda TNI Minggit Tribowo menghadiri acara Studium Generale Pasis Seskoau Angkatan ke-59 TP 2022 yang dilaksanakan di Gedung Widya Mandala I, Seskoau, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (3/8/2022).

Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto dalam sambutannya mengatakan, pemimpin di era milenial saat ini sangat dipengaruhi dengan revolusi industri 4.0 dan society 5.0 yang mana terdapat perubahan-perubahan tata nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu kemudahan, kecepatan, kenyamanan berkat teknologi, peningkatkan demand quality dan quantity, mobilitas tinggi secara virtual maupu reality, termasuk kesenjangan antara negara maju dan berkembang dapat terjadi di semua aspek kehidupan.

Menurutnya, diperlukan suatu sistem pertahanan dan keamanan yang dimiliki seorang pemimpin dengan mengkombinasi model konvensional dan cyber war, termasuk perlu diantisipasi ancaman-ancaman multidimensi.

Oleh karena itu, lanjutnya, perlu adanya integritas dari seorang pemimpin yaitu “satu kata dan perbuatan” yang ditopang dengan kejujuran, komitmen terhadap etika, dan konsisten.

“Kepercayaan diri itu penting, karena memiliki keyakinan akan keputusan yang diambil, tetapi tidak juga terlalu over confidence agar organisasi dan anggota bersimpati, percaya serta bergerak by respect,” katanya.

Seorang pemimpin, menurutnya juga harus dapat memberikan inspirasi, memiliki komitmen dan gairah, dapat bertindak sebagai penentu keputusan dengan mempertimbangkan berbagai masukan dan open minded, kemudian bertanggung jawab, kreatif, inovatif, mampu berkomunikasi dengan baik dan berempati.

Berdasarkan beberapa hal di atas, lanjutnya, dikombinasikan dengan revolusi informasi teknologi maka diharapkan akan terbentuk pemimpin masa depan di era milenial yang berkarakter kuat.

“Bila kekayaan hilang, anda tidak kehilangan apa-apa, bila kesehatan hilang maka ada sesuatu yang hilang, tetapi jika anda kehilangan karakter maka anda kehilangan segalanya,” ujarnya.

Besar harapannya, seluruh Pasis Seskoau Angkatan ke-59 TP 2022 dapat menjadi pemimpin di era milenial yang berkarakter sehingga dapat terus membawa kemajuan bagi TNI dan TNI AU.

Pada kesempatan itu, Danseskoau mengapresiasi atas berkenannya Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto meluangkan waktu berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman mengenai leadership di era milenial, sehingga menambah wawasan bagi Pasis Seskoau Angkatan ke-59 TP 2022.

Turut hadir dalam acara ini Wadanseskoau Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, Kakordos Seskoau Marsma TNI Basuki Arijadi, para pejabat Seskoau, Dosen dan Patun.(penSESKOAU/UPI)

Editor: UPI

Berita Terkait