Museum Sri Baduga Gelar Expo Pancarakén 2023

Diterbitkan

Rabu, 21 Juni 2023

Penulis

Rep Pun

|

Rep Pun

533 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KOTA BANDUNG - Museum Sri Baduga Provinsi Jawa Barat menggelar expo 'Pancarakén Sri Baduga 2023', 20-23 Juni 2023 di halaman Museum Sri Baduga Provinsi Jabar, Jl. BKR Lingkar Selatan Tegallega Kota Bandung. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Beny Bachtiar menuturkan, Expo Pancarakén tersebut merupakan agenda tahunan untuk lebih mengenalkan kearifan leluhur, kepada generasi muda.

"Pancarakén ini adalah expo yang menampilkan berbagai peralatan rumah tangga, alat masak, alat perdagangan dan lain-lain tempo dulu, yang sebagian hingga saat ini di beberapa daerah masih digunakan. Nah kita ingin mengenalkan terutama kepada generasi muda tentang kearifan orang tua kita dulu dalam berkreasi menggunakan berbagai peralatan tersebut dalam kehidupan sehari-hari," katanya, usai membuka pameran Pancarakén Sri Baduga, di Museum Sri Baduga, Selasa (20/6/2023).

Selain mengetahui kreativitas orang tua jaman dulu dalam mengolah makanan, diharapkan generasi milenial dan generasi z menjadi faham juga tentang jati dirinya.

“Generasi z dan juga sebagain generasi milenial, ini pasti belum tahu kreativitas jaman dulu dalam kegiatan keseharian diantaranya dalam mengolah makanan. Bagaimana menanak nasi jaman dulu misalnya, membuat olahan makananan ringan dan lain-lain. Nah dengan expo ini, mereka selain jadi tau alat -alat, juga diharapkan jadi mengenal jati dirinya," ujar Beny.

Bahkan menurut Beny, diharuskan sudah meminta pengelola resto di Jawa Barat, ikut menghadirkan peralatan memasak jaman dulu, bahkan jika memungkinkan sekaligus praktek di tempat.

“Ini menarik, karena kalau masalah wisata buatan, di luar negeri juga banyak, tapi kalau kearifan lokal seperti ini, kita yang memiliknya, dan ini akan menjadi daya tarik wisata yang luar biasa,” pungkas Beny.

Editor: Rep Pun

Berita Terkait