Pj. Bupati Garut Soroti Pentingnya Atasi Traumatik pada Anak Akibat Gempa

Diterbitkan

Selasa, 30 April 2024

Penulis

Diskominfo Garut

|

Diskominfo Garut

75 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. GARUT - Pj. Bupati Garut, Barnas Adjidin menekankan pentingnya perhatian khusus terhadap dampak psikologis, terutama pada anak-anak yang mungkin mengalami trauma akibat gempa. 

Saat memimpin Apel Pagi di Lingkungan DPPKBPPPA Kabupaten Garut, Senin (29/04/2024), Barnas  menginstruksikan Dinas Pengelolaan Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Garut untuk memberikan dukungan psikososial kepada anak-anak terdampak untuk mengobati rasa traumatik pada anak pascagempa yang terjadi.

"Saya minta Pak Kadis dan jajaran untuk melihat lapangan, bagaimana anak-anak itu bisa kembali ceria, mendapat haknya, dan mendapat perlindungan," paparnya.

Barnas mengatakan jika dampak dari bencana ini menimbulkan korban, baik berupa kerusakan rumah, bangunan, korban luka, dan lain-lain, yang tentunya dapat mengganggu aktivitas masyarakat yang terdampak.

Barnas menekankan perlunya penanganan cepat dan tepat dari Pemerintah Kabupaten Garut terhadap dampak bencana tersebut. Ia menyatakan solidaritas untuk bersama-sama mengatasi situasi tersebut, mengingat kemungkinan korban dan kerusakan yang dialami masyarakat.

“Ini merupakan sesuatu yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Kabupaten Garut secara cepat, secara tepat, (dan) secara tuntas, oleh karena itu kita di dalam menyelesaikan berbagai persoalan itu harus saling bahu-membahu, jadi dengan kita bersama maka kita akan kuat," ujar Barnas.

Oleh karena itu, ia berharap agar pemerintah daerah mampu menjamin keberlangsungan hidup masyarakat seperti sedia kala. Barnas menegaskan pentingnya peran semua pihak, termasuk pemerintah daerah dan lembaga terkait, dalam menangani konsekuensi gempa ini, dengan fokus pada pemulihan dan pemulihan masyarakat yang terdampak.

"Tentu ada suatu proses yang harus dilakukan, oleh karena itu bagaimana kita berperan di dalam menyelesaikan masalah yang ada di lapangan," ucapnya. (Diskominfo Garut/Fauziah)

Editor: Fauzia Ismi

Berita Terkait