Plt. Bupati Bogor Ajak Masyarakat Bumikan Nilai-nilai Pancasila

Diterbitkan

Kamis, 1 Juni 2023

Penulis

Diskominfo Kabupaten Bogor

|

Diskominfo Kabupaten Bogor

531 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan


 
PORTALJABAR, KAB. BOGOR - Bertepatan dengan momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bogor untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dengan membangkitkan kembali semangat gotong-royong.

Hal itu diungkapkan Iwan Setiawan saat memimpin upacara Peringatan Memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2023, di Lapangan Tegar Beriman Cibinong, Kamis (1/6/2023).
 
Sebagaimana diketahui, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2016, bahwa tanggal 1 Juni 1945 ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila yang ditandai dengan pidato Soekarno dalam sidang BPUPKI, dimana pertama kali mengemukakan konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.
 
Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 ini, dengan mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global". Pemerintah pusat ingin menempatkan Indonesia sebagai bagian dari komunitas global dengan mengusung konsep gotong royong sebagai akar budaya bangsa.
 
Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan bahwa, sejarah telah membuktikan bahwa nilai-nilai Pancasila semangat persatuan kesatuan dan gotong royong, telah berhasil mengantarkan kita dalam meraih berbagai capaian serta melewati berbagai tantangan dan ujian sepanjang perjalanan bangsa ini.
 
“Untuk itu, saya mengajak kepada kita semua, seluruh elemen bangsa, untuk terus membumikan dan mengaktualisasi nilai-nilai luhur Pancasila dengan terus mengedepankan semangat gotong royong dalam membangun bangsa dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terangnya.
 
Iwan Setiawan menyatakan bahwa momentum bersejarah ini patut disyukuri, karena Pancasila sebagai dasar negara telah menjadi bintang yang menuntun perjalanan bangsa Indonesia sejak merdeka hingga kini. Terlebih di tengah beragam tantangan global, sangat penting bagi seluruh elemen bangsa untuk senantiasa menjaga semangat, solidaritas, persatuan kesatuan.
 
“Serta memperkuat sinergi dan kolaborasi atau saling bergotong royong dalam pembangunan agar semakin berdaya saing dan demi mewujudkan kesejahteraan bangsa,” terang Iwan
 
Di kesempatan yang sama, Iwan juga mengajak masyarakat, untuk menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai panduan dalam menyongsong masa depan yang lebih baik, menghadapi berbagai tantangan dan menjalin hubungan yang harmonis dengan bangsa-bangsa lain di dunia.
 
Salah satunya melalui Gerakan Nasional Pembagian Bendera Merah Putih yang akan berlangsung mulai 1 Juni 2023 hingga 31 Agustus 2023, dengan melibatkan swadaya seluruh komponen masyarakat.
 
“Ini kami lakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan menggugah rasa cinta tanah air di masyarakat,” ujarnya.
 
Pada kesempatan ini Plt. Bupati Bogor juga memberikan secara simbolis bendera merah putih kepada perwakilan kelompok masyarakat sebagai pertanda bahwa segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor dan Forkopimda beserta para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat Kabupaten Bogor untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus nanti.
 
“Ini bukti komitmen bahwa kami siap mendukung Gerakan Bendera Merah Putih ini,” jelas Iwan Setiawan.
 
Lanjut Iwan menyampaikan, ingin menjadikan momentum peringatan Hari Lahir Pancasila, untuk meneguhkan komitmen kita bersama, untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan, saling bergotong royong dalam upaya mewujudkan kesejahteraan bangsa, membangun peradaban yang maju dan menjadi bagian dari masyarakat dunia.
 
“Dengan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila, insya Allah kita dapat membangun bangsa Indonesia semakin kuat, maju, sejahtera dan bermartabat,” pungkasnya. (Diskominfo Kab. Bogor/Fauziah Ismi)

Editor: Fauziah

Berita Terkait