RSUD dr. Slamet dan Tiga RS Lain Jadi Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Kabupaten Garut

Diterbitkan

Selasa, 24 Mei 2022

Penulis

vick

|

vick

2,9 rb kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

Kab. Garut --- Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Garut mengalihfungsikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut, menjadi RS yang khusus menanganangi pasien COVID-19.

Selain RSUD dr. Slamet, Humas Satgas COVID-19 Yeni Yunieta menyampaikan, ada tiga RS lain yang menjadi rumah rujukan untuk pasien COVID-19. 

"Rumah sakit rujukan COVID-19 di Kabupaten Garut ada empat yakni RSUD dr. Slamet, RSUD Pameungpeuk Provinsi Jabar, RSU Guntur, dan Rumah Sakit Media, namun hanya RSUD dr. Slamet ditunjuk hanya menangani pasien COVID-19 saja," ujar Yeni Yunita, di Kantor Diskominfo Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (1/7/2021).

Yeni menerangkan bagi masyarakat Garut yang akan berobat di luar penyakit COVID-19, dapat mengunjungi beberapa rumah sakit rujukan non COVID-19, diantaranya Rumah Sakit Nurhayati, Rumah Sakit Annisa Queen, Rumah Sakit Intan Husada. 

"Sebenarnya bisa dilakukan rujukan ke RSUD dr. Slamet, namun hanya untuk pasien hemodialisa dan thalasemia saja," ucapnya.

Sementara, untuk beberapa rumah sakit rujukan non COVID-19 yang saat ini masih menangani pasien COVID-19 untuk menyelesaikan perawatan pasien tersebut. Namun, jika terdapat pasien COVID-19 hasil screening di rumah sakit tersebut, maka dilakukan rujukan ke rumah sakit yang sudah ditunjuk. 

"Pasien COVID-19 yang sedang dilakukan perawatan di Rumah Sakit Nurhayati, Rumah Sakit Annisa Queen dan Rumah Sakit Intan Husada, dapat dilanjutkan perawatannya sampai selesai di rumah sakit tersebut. Selanjutnya, jika terdapat pasien COVID-19 hasil screening di rumah sakit tersebut, maka dilakukan rujukan ke rumah sakit yang sudah ditunjuk," ujar Yeni.

Editor: vick

Berita Terkait