Sekda Kabupaten Bogor Ingin Pramuka Cetak Kader Bangsa yang Tangguh, Tanggon dan Trengginas

Diterbitkan

Senin, 19 September 2022

Penulis

(Diskominfo Kab. Bogor/Fauziah Ismi)

|

(Diskominfo Kab. Bogor/Fauziah Ismi)

464 kali

Berita ini dilihat

6 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KOTA BANDUNG - Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor lakukan pengukuhan Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor tahun 2022 yang dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin. Pengukuhan  berlangsung di Bumi Perkemahan Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Minggu (18/9/22). 

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin meminta agar seluruh anggota Pramuka Garuda mampu berperan aktif mendarmakan diri kepada masyarakat dimanapun dan menjadi wadah dalam mencetak kader bangsa yang tangguh, tanggon dan trengginas. 

"Kegiatan hari ini saya apresiasi atas nama Pemkab, tentunya apa yang sudah dicanangkan Ketua Kwarcab dan jajaran, ingin mencetak 10 ribu Kader Garuda bisa tercapai.  Kami harap dengan aktivitas ini jadi sarana untuk mencetak kader bangsa yang tangguh, tanggon dan trengginas, sehingga kedepan kader bangsa lahir dari Kabupaten Bogor khususnya dari keanggotaan Pramuka," tegas Burhanudin. 

Saat ini anggota Pramuka Garuda Kwarcab Kabupaten Bogor tahun 2022 berjumlah 2.284 orang dan Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor akan melaksanakan pembinaan dan pengembangan untuk mencapai 10 ribu anggota Pramuka Garuda. 

Lanjut Burhanudin menyatakan, hari ini untuk kesekian kalinya membuktikan target-target itu sedang dilaksanakan. Mudah-mudahan bisa tercapai dan melampaui terget. Dengan adanya pengukuhan Pramuka Garuda ini sebagai kasta tertinggi pencapaian prestasi serta kemampuan para anggota Pramuka. 

"Selamat atas dilantiknya anggota Garuda Kwaran Cabang Kabupaten Bogor semoga setiap anggota mampu berperan aktif dalam segala kegiatan saka dan setia dengan sukarela mendarmakan diri kepada masyarakat dimanapun disetiap saat bila diperlukan," tutur Sekda. 

Perlu diketahui bahwa, pembangunan dan pendidikan generasi muda merupakan investasi masa depan untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter sebagai penerus peradaban dan penentu kemajuan bangsa. 

Bahkan  hingga saat ini gerakan Pramuka masih dinilai mampu  dan efektif sebagai wadah pembentukan karakter bagi para pemuda, karena berbagai aktivitasnya yang mengajarkan nilai-nilai kemandirian, tanggung jawab, kejujuran, disiplin, toleransi, kepedulian dan kreativitas yang dikemas dalam kegiatan yang menantang dan menyenangkan. 

Menurut Sekda, pemberian penghargaan berupa kecakapan sebagai lambang kehormatan kemandirian kekuatan diharapkan akan semakin memotivasi dan menjadi kebanggaan yang akan meningkatkan kiprah dan prestasi para anggota Pramuka baik siaga, penggalang, penegak dan pandega dapat mencapai tingkat tertinggi. 

"Tentunya kita akan mendorong agar Pramuka Garuda menjadi salah satu bentuk prestasi sehingga lembaga pendidikan dapat membuka akses melalui jalur prestasi khususnya bagi Pramuka Garuda," terangnya. 

Dirinya meminta kepada Ketua Kwarcab, panitia dan seluruh jajaran agar pembinaan Pramuka harus dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan, serta rutin lakukan evaluasi agar setiap program dikaitkan dengan kondisi kekinian. 

"Saya kira Kwarcab Kabupaten Bogor sudah punya grand design bagaimana pembinaaan dari tahun ke tahun, dari kepemimpinan ke kepemimpinan tidak terputus, karena wadah Pramuka ini insyaAllah akan mampu menjawab tantangan ke depan dalam kondisi dan perubahan apapun.Tetapi Pramuka harus jaya, harus berada ditengah-tengah masyarakat," tegasnya. 

Burhanudin juga menyatakan, terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kiprah pramuka terutama dalam menghadapi masalah di Kabupaten Bogor seperti masalah bencana alam dan non alam. 

"Teruslah berkarya, kegiatan Pramuka harus terus tertanam di jiwa kita dan betul-betul dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari," imbuh Sekda. 

Editor: admin

Berita Terkait