Tim Penilai PPD Tahun 2023 Bappenas Lakukan Verifikasi di Kabupaten Garut

Diterbitkan

Sabtu, 1 April 2023

Penulis

Humaspemkabgarut

|

Humaspemkabgarut

1,1 rb kali

Berita ini dilihat

3 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. GARUT - Bupati Garut Rudy Gunawan menerima kunjungan lapangan Tim Penilaian Tahap III Verifikasi Kabupaten Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023 Kabupaten Garut, di Desa Sukamanah, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Kamis (30/3/2023). 

Dalam kesempatan ini, tim penilai mengunjungi pelaksanaan salah satu program yaitu program unggulan 1 peningkatan indeks pertanaman - pembangunan infrastruktur pertanian.

Rudy Gunawan, menyampaikan di tahun ini Kabupaten Garut termasuk ke dalam 13 besar PPD dalam kategori kabupaten. Beberapa objek yang menjadi penilaian salah satunya yaitu pertanian. 

“Tentu kita ingin menyampaikan bagaimana politik anggaran dan kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Garut terus mempertahankan bahwa pertanian ini harus berlangsung lebih efisien, ada peningkatan indeks pertanaman, dan juga merangsang generasi muda bisa bekerja di sektor pertanian,” ucapnya.

Maka dari itu, imbuh Rudy, pihaknya mengajak tim penilai ke salah satu sentra pertanian di Kecamatan Bayongbong, di mana sentra ini berhubungan dengan holtikultura. Selain itu, Rudy menyampaikan bahwa pihaknya juga bekerja sama dengan desa untuk membuat embung, guna menyalurkan air agar indeks pertanaman yang awalnya setahun dua kali menjadi setahun tiga kali.

“Itulah alasannya, alasan lainnya adalah pertanian akan terus kita pertahankan, 40 ribu hektar lahan ditetapkan sebagai kawasan pertanian lahan basah dan kita pun ingin ada sekitar 20 ribu hektar lahan pertanian kering yang dipertahankan di daerah dataran tinggi,” ucapnya.

Sementara itu, Tim Penilai Utama  (TPU) dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Agung Indrajit, menyampaikan bahwa dalam kesempatan ini pihaknya melihat inovasi yang lengkap secara komprehensif mulai dari bibit hingga infrastruktur pertanian.

Kunjungan diakhiri di Sarana Olahraga (SOR) RAA Adiwijaya guna melihat secara langsung Program Unggulan 3 Capaian Pembangunan Spesifik Daerah - SOR R.A.A. Adiwijaya dan Akuatik Talaga Bodas.

Tim Penilai Independen (TPI), Hayati Sari Hasibuan, menyampaikan bahwa PPD merupakan program penilaian pembangunan daerah yang mencakup tiga hal, yakni pencapaian daerah, perencanaan daerah, dan inovasi daerah. Ia mengungkapkan, bahwa salah satu hal yang termasuk ke dalam pencapaian daerah adalah penurunan stunting, penurunan kemiskinan, dan pertumbuhan perekonomian.

“Dari sisi perencanaan bagaimana Pemerintah Kabupaten Garut ini melakukan program-program pembangunan untuk menuntaskan dan mengatasi masalah kemiskinan, masalah pengangguran ang tadi diatasi dengan program Gentra Karya itu, dan yang ketiga inovasi, nah inovasi ini juga menjadi bagian penting di dalam penilaian PPD,” ucapnya.

Ia mengaresiasi Kabupaten Garut yang telah melampaui setiap tahap yang telah ditentukan, di mana PPD sendiri terdapat tiga tahap seleksi, dan Kabupaten Garut telah melampaui dua tahap itu. Sedangkan pada tahap ketiga merupakan salah satu tahap yang memiliki penilaian yang cukup besar. (Diskominfo Garut/Fauziah Ismi)

Editor: Fauziah Ismi

Berita Terkait