Tingkatkan Layanan Mutu Pendidikan, Pemkab Ciamis Gelar Workshop Kepala Sekolah

Diterbitkan

Selasa, 24 Mei 2022

Penulis

vick

|

vick

844 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

Ciamis --- Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Pendidikan menggelar Workshop Kepala Sekolah Menengah Pertama yang dilaksanakan di Hotel Tyara Ciamis, Kamis, (8/4/21).

Kegiatan workshop yang dilaksanakan 8-9 April 2021 ini mengambil tema "Peningkatan Layanan Mutu Pendidikan Pada Sekolah Menengah Pertama Dalam Rangka Peningkatan Prestasi Siswa". 

Workshop ini diikuti oleh 80 orang Kepala Sekolah di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memaparkan efek satu tahun tidak melakukan pertemuan tatap muka sangat berpengaruh secara mental dan psikis terhadap siswa didik dan para guru. 

"Saya memaklumi dengan kondisi (pandemi) yang memprihatinkan, membingungkan kita semua dan yang paling saya sangat memahami yaitu kondisi tenaga pengajar yang mana SDM-nya ini betul-betul sangat kurang dari mulai Sekolah Dasar sampai dengan SMP," kata Bupati

"Ini sangat kurang, sementara kita dituntut untuk menciptakan generasi emas generasi yang betul-betul berkualitas, baik akhlak, mental, maupun daya pikirnya," sambung Bupati. 

"Kita moratorium rekrutmen CPNS pada tahun 2010 dan baru (diadakan kembali) pada tahun 2019 itu pun jumlahnya sangat terbatas," jelas Bupati .

Sementara jumlah guru yang telah pensiun, mutasi dan wafat belum digantikan oleh pengajar baru. Dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) jumlah guru yang dibutuhkan kurang lebih sebanyak 6.000 orang.

Bupati menjelaskan, rekrutmen pada tahun 2019 hanya mengakomodir sebanyak 200 orang guru dan tahun 2020 hanya 277 guru. 

"Itu tidak sampai 10% kita ada dropping pegawai, makanya tentu berat bagi kepala sekolah, bahkan para guru untuk memikul beban yang tanggung jawabnya yang lebih besar," tutur Bupati. 

Sementara Endang Kuswana selaku Sekretaris Dinas Pendidikan mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan workshop ini untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam melaksanakan kinerja dan mengembangkan kemampuan, kematangan diri, inisiatif dalam menghadapi tantangan pekerjaan. 

Endang berharap hasil dari kegiatan ini yaitu mendapatkan kepala sekolah yang memiliki rekomendasi profesional tentang penguasaan kompetensi dan pengembangan profesi kepala sekolah.

Hadir pada acara tersebut, Sekda Ciamis H. Tatang, Sekdis Pendidikan Endang Kuswana, para Kepala SMP dan Narasumber dari UPI Bandung.

Editor: vick

Berita Terkait