Tingkatkan Transparansi Data, Aplikasi Sapawarga terus Kawal Pelaksanaan PPDB 2023 hingga Akhir

Diterbitkan

Selasa, 11 Juli 2023

Penulis

Rilis Jabar Digital Service

|

Rilis Jabar Digital Service

806 kali

Berita ini dilihat

5 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KOTA BANDUNG - Rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Barat 2023 untuk SMA/SMK/SLB akan segera berakhir. Sejak awal pelaksanaan, PPDB berhasil terlaksana sesuai prinsip objektif, transparan, dan akuntabel.

Hal ini didukung dengan keterbukaan sistem PPDB sehingga pendaftar dapat langsung memantau status pendaftaran untuk melihat kemungkinan diterima atau tidak di sekolah tujuan.

Di tahun ini pendaftaran dibagi ke dalam 2 tahap dengan total 299.869 calon peserta didik baru diterima di PPDB SMA, SMK, dan SLB. Hasil akhir pengumuman untuk SMA/SMK juga sudah dapat dilihat melalui aplikasi Sapawarga dan situs disdik.jabarprov.go.id

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah mengatakan aplikasi Sapawarga mendukung prinsip transparasi data dan kemudahan akases, juga berusaha memfasilitasi pendaftaran melalui fitur layanan PPDB.

“Alhamdulillah rangkaian PPDB Jabar 2023 akan segera berakhir. Demi mendukung prinsip transparansi data juga kemudahan akses, kami (Sapawarga) berusaha memfasilitasi pendaftar melalui fitur Layanan PPDB. Saat ini juga hasil pengumuman tahap 2 sudah dapat dilihat di aplikasi,” katanya.

Selain cek hasil pengumuman, orang tua calon peserta didik juga dapat memantau alur pelaksanaan dan informasi lengkap PPDB untuk mengetahui tanggal serta update informasi dalam setiap tahapan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya mengapresiasi kepada pihak yang terlibat juga para orang tua calon peserta didik yang telah sama-sama menjaga PPDB ini sehingga berjalan baik dan lancar. Ia turut memberikan semangat kepada calon peserta didik yang belum lolos di PPDB tahun 2023.

"Berdasarkan ketentuan kuota yang sudah ditetapkan, tentunya tidak semua bisa diterima di sekolah negeri di Jabar. Insyaallah, sekolah di mana pun sama, bergantung pada semangat masing-masing individu (siswa)," ucapnya.

Ia berharap, semoga seluruh peserta di PPDB tahun ini bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Untuk permasalahan dan pengaduan PPDB, masyarakat bisa mengakses kanal pengaduan resmi 3x24 jam secara online di aplikasi Sapawarga dan offline.

"PPDB 2023, Sekolah Juara untuk Semua," ujarnya.

Editor: UPI

Berita Terkait